Analisis Kemampuan Penalaran Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Soal Evaluasi Berbasis Literasi Numerasi pada Tema Kemagnetan Kelas Ix C di smpn 5 Ponorogo

Sari, Ika Lasmita (2021) Analisis Kemampuan Penalaran Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Soal Evaluasi Berbasis Literasi Numerasi pada Tema Kemagnetan Kelas Ix C di smpn 5 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Tadris IPA_211317036_IKA LASMITA SAR_.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa
peserta didik yang mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan masalah IPA serta kemampuan penalaran
yang dimiliki oleh peserta didik cenderung rendah dalam
memecahkan masalah. Peserta didik kesulitan dalam
merencanakan penyelesaian sehingga dalam melakukan
penyelesaian tidak sesuai yang diharapkan. Padahal
dalam proses memecahkan masalah merencanakan
merupakan poin yang penting. Proses ini menunjukkan
bahwa kemampuan menalar peserta didik dalam suatu
ix
permasalahan masih rendah padahal seharusnya
kemampuan penalaran sangat dibutuhkan dalam
memecahkan permasalahan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kategori kemampuan penalaran peserta didik dalam
memecahkan masalah pada soal evaluasi berbasis literasi
numerasi pada tema kemagnetan kelas IX C di SMPN 5
Ponorogo berdasarkan kategori tingkat kemampuan
peserta didik, yaitu dengan kemampuan tinggi, dengan
kemampuan sedang, dan dengan kemampuan rendah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan jenis penelitian adalah Cross Sectional. Populasi
yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik
kelas IX C di SMPN 5 Ponorogo. Pemilihan sampel
dengan menggunakan Purpose Sampling. Teknik
pengumpulan data adalah tes dan wawancara. Teknis
analisis data yang digunakan oleh penelitian ini
menggunakan Skoring dalam penilaian hasil tes peserta
didik. Tes digunakan peserta didik untuk mengetahui
kemampuan penalaran peserta didik dalam memecahkan
masalah soal evaluasi berbasis literasi numerasi pada
tema kemagnetan yang dimiliki peserta didik dengan
x
menggunakan 3 butir soal uraian. Wawancara
dilaksanakan untuk mengetahui secara mendalam
kemampuan penalaran peserta didik dalam memecahkan
masalah IPA. Tes ini diikuti oleh 27 peserta didik dan
dipilih 6 berdasarkan kemampuan yang dimiliki yaitu: 2
dengan kemampuan tinggi, 2 dengan kemampuan
sedang, dan 2 dengan kemampuan rendah.
Hasil dari penelitian adalah: 1) peserta didik
dengan kemampuan tinggi dapat memecahkan masalah
dengan memenuhi indikator mengajukan dugaan;
melakukan manipulasi; menyusun bukti, memberikan
alasan atau bukti terhadap beberapa kebenaran solusi;
menarik kesimpulan dari hasil yang dikerjakan; dan
memeriksa kesahihan suatu argumen. Peserta didik
sejumlah 9 orang dengan presentase sebesar 33.3 %. 2)
peserta didik dengan kemampuan sedang dalam
memecahkan masalah, hanya memenuhi indikator
mengajukan dugaan dan memeriksa kesahihan argument.
Peserta didik berjumlah 5 orang dengan presentase
sebesar 18,5 %. 3) peserta didik dengan kemampuan
rendah dalam memecahkan masalah hanya mampu
memenuhi indikator mengajukan dugaan. Peserta didik
berjumlah 13 orang dengan presentase sebesar 48,2 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Edi Irawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 26 Nov 2024 07:08
Last Modified: 26 Nov 2024 07:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30430

Actions (login required)

View Item View Item