Efektivitas Metode Pembelajaran JIGSAW dalam Pembelajaran Daring terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas Vii di Smpn 4 Ponorogo

Indrawan, Febrianto Yopi (2021) Efektivitas Metode Pembelajaran JIGSAW dalam Pembelajaran Daring terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas Vii di Smpn 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Tadris IPA_211317011_Febrianto Yopi Indrawan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu
keterampilan yang di kembangkan dalam kemampuan
abad 21 yang menemukan masalah dalam
pengembangannya pada masa pandemi covid 19. Metode
jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran
kooperatif yang bisa meningkatkan keterampilan
kolaborasi siswa.
Tujuan peneliti ini untuk mengetahui (1) Apakah
ada perbedaan kemampuan awal antara kelas jigsaw
daring dan video daring, (2) apakah ada perbedaan
keterampilan kolaborasi siswa antara kelas jigsaw daring
dan video daring, (3)bagaimana keterampilan kolaborasi
siswa metode pembelajaran jigsaw dalam pembelajaran
daring
Penelitian dirancang dengan menggunakan
rancangan penelitian kuantitatif dengan model
eksperimen kelas. Penelitian dilaksanakan di SMPN 4
Ponorogo menggunakan sampel 60 peserta didik yang
v
dibagi kedalam 2 kelas dipilih secara random dengan
metode berbeda, yaitu kelas 7G dengan metode jigsaw
daring 7H dengan metode video daring. Data
dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes
kemampuan awal dan post test yang telah di uji validitas
dan reliabilitasnya. Data yang di peroleh dianalisis
dengan menggunakan uji-t dengan komputasi data
perangkat lunak.
Berdasarkan analisis data di temukan jawaban
jika (1) Tidak ada perbedaan kemampuan awal antara
kelas jigsaw daring dan video daring, (2) Model
pembelajaran jigsaw daring lebih baik dari pada kelas
video daring dalam meningkatkan keterampilan
kolaborasi, (3) Hasil keterampilan kolaborasi siswa
dengan metode pembelajaran jigsaw daring mendapatkan
nilai rata-rata tertinggi pada indikator fleksibilitas (7,812)
dan rata-rata terendah pada indikator tanggung jawab
(6,5).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Edi Irawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 26 Nov 2024 06:57
Last Modified: 26 Nov 2024 06:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30426

Actions (login required)

View Item View Item