Upaya Guru IPA untuk Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa dalam Memecahkan Masalah di Tengah Pandemi Covid-19

Artinta, Sindy Vega (2021) Upaya Guru IPA untuk Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa dalam Memecahkan Masalah di Tengah Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Tadris IPA_211317009_Sindy Vega Artinta.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah salah satu indikator sebuah
negara yang dianggap maju atau berkembang.
Kementrian pendidikan dan kebudayaan
(KEMENDIKBUD) menyatakan beberapa karakter yang
harus dikembangkan oleh siswa salah satunya adalah
karakter rasa ingin tahu. Mata pelajaran IPA
berhubungan dengan cara mencari tahu mengenai alam
secara sistematis. Pendidikan IPA memfokuskan kepada
pemberian pengalaman langsung kepada siswa untuk
mengembangkan kompetensi supaya siswa bisa
memahami alam sekitar secara ilmiah. Maka dari itu
pola pembelajaran yang dilakukan oleh guru IPA harus
lebih memfokuskan kepada aktivitas siswa. Siswa
viii
sebagai objek dan subjek dalam suatu proses
pembelajaran juga harus mempunyai rasa ingin tahu
yang tinggi dikarenakan rasa ingin tahu yang tinggi
siswa dalam belajar akan berpengaruh terhadap
kemampuan memecahkan masalah. Rasa ingin tahu
belajar siswa yang tinggi akan berpengaruh pada hasil
belajar siswa tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1)
upaya guru IPA untuk menumbuhkan karakteristik rasa
ingin tahu siswa dalam memecahkan masalah. 2) faktor
yang mempengaruhi karakteristik rasa ingin tahu siswa
dan kemampuan memecahkan masalah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini
berjenis kualitatif dengan desain naturalistic dan
pendekatan yang digunakan berupa deskriptif. Penelitian
ini dilakukan di SMPN 5 Ponorogo dan SMP Ma’arif 1
Ponorogo. Ada delapan guru yang mengajar mata
pelajaran IPA. Namun hanya tujuh guru yang dijadikan
sampel penelitian. Sampel ini diambil dengan teknik
purpossive sampling. Data dikumpulkan melalui
wawancara semi terstruktur dan dokumentasi yang
kemudian dianalisis menggunakan metode induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi
pembelajaran yang mampu menumbuhkan rasa ingin
tahu siswa adalah strategi diskusi, pemberian tugas,
memunculkan masalah, dan inquiry. 2) faktor yang
mempengaruhi rasa ingin tahu siswa adalah pokok
materi, motivasi guru, apersepsi guru, penggalian
ix
pertanyaan, semangat dari diri anak, minat belajar dan
jenis kelamin. Faktor yang mempengaruhi kemampuan
memecahkan masalah adalah strategi yang digunakan
oleh guru, materi yang disampaikan, motivasi guru,
kemampuan awal siswa, tingkat kompleksitas materi,
lingkungan dan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 26 Nov 2024 06:51
Last Modified: 26 Nov 2024 06:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30423

Actions (login required)

View Item View Item