Sahara, Cindy Audia (2021) Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis POE (Predict, Observe, dan Explain) dengan Pendekatan Literasi Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Peserta Didik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_211317013_CINDY AUDIA SAHARA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih
rendahnya kemampuan berkomunikasi peserta didik tingkat
SMP/Mts. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai
kemampuan berkomunikasi peserta didik masih dibawah
KKM (KKM=70) yaitu 55. Diperlukan media pembelajaran
yang mampu merangsang peserta didik untuk menunjang
kemampuan berkomunikasi peserta didik. LKPD berbasis
POE dengan pendekatan literasi sains berisi kegiatan
meliputi membaca, menulis, menggali informasi, mengolah
data dan menyampaikan ide yang mampu merangsang
peserta didik untuk meningkatkan kemampuan
berkomunikasi.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui kelayakan, kepraktisan serta keefektifan dari
produk LKPD yang dikembangkan dalam meningkatkan
kemampuan berkomunikasi peserta didik kelas VII MTs
Muhammadiyah 1 Ponorogo.
iii
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode
RnD (Research and Development) dengan menggunakan
model Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan melalui
tes meliputi pretest dan posttest serta angket yang kemudian
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
dan kuantitatif. Analisis deskriptif kuantitatif menggunakan
rumus uji N-Gain dan uji t meliputi uji independent t-test
two tailed dan uji t-test one tailed.
Hasil penelitian ini yaitu 1) LKPD berbasis POE
dengan pendekatan literasi sains dinyatakan layak untuk
diterapkan dalam kegiatan pembelajaran baik dari aspek
materi/konten, kekhasan maupun keterbacaan dengan ratarata mencapai 89%. 2) LKPD berbasis POE dengan
pendekatan literasi sains termasuk dalam kategori praktis
untuk diterapkan baik dari aspek ketertarikan, materi
maupun bahasa dengan rata-rata presentase mencapai 83%
3) LKPD berbasis POE dengan pendekatan literasi sains
yang dikembangkan secara efektif mampu meningkatkan
kemampuan berkomunikasi peserta didik dengan perolehan
nilai N-Gain sebesar 66,67 pada taraf signifikansi (α =
0.05)
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Syaiful Arif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 06:46 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 06:46 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30420 |
Actions (login required)
View Item |