Santoso, Aris Muhammad (2021) Pengaruh Pembelajaran Model Inquiry dengan Pendekatan Stem Education terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VII Mts Darussalam Ketandan pada Tema “Ekosistem dan Pelestarian Sumber Daya Hayati”. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI 211317008 ARIS MUHAMMAD SANTOSO-dikonversi.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum k-13 mewajibkan kepada guru untuk mengimplementasikan
pembelajaran yang menumbuhkan kemampuan berfikir kritis dalam sebuah pembelajaran .
Kemampuan berfikir kritis adalah kemampuan yang mengedepankan dalam penalaran dan
pengolahan informasi yang didapat sehingga keabsahannya dapat dipertanggung jawabkan.
Dalam peningkatan kemampuan berfikir kritis ada beberapa model yang dapat diterapkan
salah satunya adalah model pembelajaran Inquiry based learning. Inquiry based learning
dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis karena pembelajaran tersebut
mengaplikasikan materi dengan pembelajaran yang menjadikan pendidik sebagai fasilitator.
Dalam pendekatan STEM Education mengaplikasikan antara berbagai pengetahuan dalam
menemukan pengetahuan sehingga pendekatan ini sangat cocok jika di kolaborasi dengan
pembelajaran model Inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh
keterampilan berfikir kritis peserta didik terhadap pembelajaran IPA pada materi ekosistem
dan pelestarian sumber daya hayati, Mengetahui pengaruh pembelajaran Inquiry dengan
pendekatan STEM Education terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas VII pada mata
pelajaran ekosistem dan pelestarian sumber daya hayati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Syaiful Arif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 06:28 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 06:28 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30416 |
Actions (login required)
View Item |