Azzahro, Meliana Faulian (2024) Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Melalui Ekstrakurikuler Tari di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
205200046_MELIANA FAULIAN AZZAHRO_PIAUD.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Azzahro, Meliana Faulian. 2024. Peran Guru dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak melalui Ekstrakurikuler Tari di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag.
Kata Kunci: Peran Guru, Motorik Kasar, Ekstrakurikuler Tari, Anak Usia Dini.
Peran guru dalam mengembangkan motorik kasar anak memiliki peran yang sangat penting, yang sangat diperlukan agar perkembangan motorik kasar anak dapat berkembang baik. Pekembangan dan pertumbuhan berperan penting dalam kehidupan anak. Pada masa ini berbagai potensi anak mengalami masa peka dalam tumbuh dan berkembang. Menari merupakan salah satu kegiatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar pada anak usia dini. Salah satu cara guru dalam mengembangkan motorik kasar anak, yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler tari.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan peran guru sebagai pelatih dalam mengembangkan motorik kasar anak melalui ekstrakurikuler tari di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo; 2) mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam mengembangkan motorik kasar anak melalui ekstrakurikuler tari di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo; dan 3) mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam mengembangkan motorik kasar anak melalui ekstrakurikuler tari di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dekriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data Miles Huberman dan Saldana yang meliputi, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran guru sebagai pelatih dalam mengembangkan motorik kasar anak di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponrogo dengan cara membiasakan anak melakukan gerakan tari dengan benar, baik dan seimbang, dan sesuai dengan irama musik, gerakan seimbang antara tangan dan kaki, gerakan mengayunkan kaki sambil melompat, gerakan mengangkat tangan, dan kaki berjinjit. 2) peran guru sebagai pembimbing dalam mengembangkan motorik kasar anak di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo dengan cara membantu mengarahkan anak melakukan gerakan tari dengan benar, mengarahkan anak disaat belum memahami gerakan-gerakan tari dan membantu mengarahkan anak agar gerakan tarinya sesuai dengan musiknya. 3) peran guru sebagai pendidik dalam mengembangkan motorik kasar anak melalui ekstrakurikuler tari di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo dengan cara menanamkan sikap sopan saat melakukan gerakan tari, dan memberikan motivasi kepada anak-anak agar mereka bersemangat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Evi Muafiah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 06:43 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 06:43 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30415 |
Actions (login required)
View Item |