Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen di Toko Stars Madiun 2

Maisaroh, Ridha (2021) Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen di Toko Stars Madiun 2. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Ridha Maisaroh for library.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ii
ABSTRAK
Maisaroh, Ridha. 2021. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Loyalitas Konsumen di Toko Stars Madiun 2. Skripsi. Jurusan Ekonomi
Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo. Pembimbing: Maulida Nurhidayati, M.Si.
Kata Kunci: Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Konsumen,
Partial Least Square (PLS).
Toko Stars Madiun 2 merupakan perusahaan yang bergerak di bidang
penjualan produk alas kaki. Di masa pandemi Covid-19 penjualan di Toko Stars
Madiun 2 mengalami penurunan, seiring berlakunya era new normal, penjualan
masih rendah. Padahal di Toko Stars cabang lain, seperti Toko Stars Caruban sudah
mengalami kenaikan penjualan. Untuk mengatasi penjualan yang rendah dapat
dilakukan dengan meningkatkan loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen
merupakan komitmen konsumen terhadap toko, atau merek yang tercermin dalam
pembelian berulang yang konsisten. Banyak faktor yang mempengaruhi loyalitas
konsumen, diantaranya kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga,
biaya dan promosi. Di Toko Stars Madiun 2 harga yang diberikan sudah kompetitif
dan bervariasi, kualitas yang diberikan pun sudah sesuai. Promosi yang dilakukan
juga sudah baik, dengan melalui iklan di media sosial, pemberian diskon dan
hadiah. Kualitas pelayanan yang diberikan juga sudah baik dan maksimal. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, dan kualitas
pelayanan terhadap loyalitas konsumen di Toko Stars Madiun 2 secara parsial.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Stars Madiun 2 dengan
populasi yang tidak diketahui, dan jumlah sampel sebanyak 97 orang. Pengambilan
sampel dilakukan dengan metode incidental sampling yaitu penentuan sampel
secara kebetulan. Data dikumpulkan melalui wawancara dan penyebaran kuesioner.
Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan metode Partial Least
Square (PLS) dengan tahapan pengujian inner model, pengujian outer mode,
estimasi model, dan evaluasi model.
Hasil penelitian menunjukka bahwa harga dan promosi berpengaruh positif
terhadap loyalitas konsumen di Toko Stars Madiun 2. Sedangkan kualitas
pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Secara umum besarnya
pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen
berpengaruh sebesar 66,5%. Di mana sisanya sebesar 33,5% dipengaruhi oleh
variabel lain. Variabel harga memiliki kontribusi paling besar diantara variabel
lainnya. sehingga untuk meningkatkan loyalitas konsumen, Toko Stars Madiun 2
harus lebih mempertimbangkan harga dengan matang, seperti memberikan harga
yang lebih kompetitif, variatif, dan tentunya diiringi dengan kualitas produk yang
baik. Baru kemudian melakukan peningkatan promosi dan kualitas pelayanan untuk
meningkatkan loyalitas konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 26 Nov 2024 04:32
Last Modified: 26 Nov 2024 04:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30409

Actions (login required)

View Item View Item