Analisis Berpikir Logis Peserta Didik pada Tema Pencemaran Lingkungan Kelas Vii A di Smp Ma’arif 1 Ponorogo

Anggraini, Dina (2021) Analisis Berpikir Logis Peserta Didik pada Tema Pencemaran Lingkungan Kelas Vii A di Smp Ma’arif 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DINA ANGGRAINI_SKRIPSI DUMMY-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir logis merupakan kemampuan
yang harus dikembangkan dan sangat dibutuhkan di era
globalisasi. Kemajuan pengetahuan, teknologi, dan
informasi yang ketat menyebabkan persaingan global dan
membutuhkan manusia yang memiliki kemampuan
berpikir logis. Kemampuan berpikir logis erat kaitannya
dengan pemecahan masalah pada pembelajaran IPA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1)
kemampuan berpikir logis peserta didik pada mata
pelajaran IPA materi pencemaran lingkungan kelas VII-A
SMP Ma’arif 1 Ponorogo. 2) faktor apa saja yang
mempengaruhi kemampuan berpikir logis peserta didik
pada materi pencemaran lingkungan kelas VII-A SMP
Ma’arif 1 Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini
berjenis kualitatif, adapun jenis pendekatan penelitian ini
adalah deskriptif. Penelitian deskriptif yaitu penelitian
yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah
yang ada sekarang berdasarkan data-data. Teknik analisis
yang digunakan adalah teknik analisis Miles and
Haberman. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 26
Februari-05 Maret di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Subjek
ix
penelitian ini terdiri dari enam peserta didik, dengan
kriteria dua peserta didik berkemampuan tinggi, dua
peserta didik berkemampuan sedang, dan dua peserta didik
berkemampuan rendah. Pengumpulan data menggunakan
tes dan wawancara semi tersetruktur. Instrumen yang
digunakan adalah tes pencemaran lingkungan dengan
menggunakan tiga tahapan berpikir logis yaitu keruntuan
berpikir, kemampuan berargumentasi, dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis berpikir logis
menunjukkan bahwa, 1) Subjek dengan kriteria
berkemampuan tinggi menunjukkan kemampuan berpikir
logis yang baik. Kemudian subjek dengan kriteria
berkemampuan sedang menunjukkan kemampuan berpikir
logis yang cukup. Sedangkan subjek dengan kriteria
berkemampuan rendah menunjukkan kemampuan berpikir
logis yang kurang. 2) Faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi kemampuan berpikir logis peserta didik di
SMP Ma’arif 1 Ponorogo adalah motivasi, kemampuan
awal, strategi pembelajaran, dan kondisi fisik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Edi Irawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 26 Nov 2024 04:13
Last Modified: 26 Nov 2024 04:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30405

Actions (login required)

View Item View Item