Analisis Ide Guru Ipa dalam Melaksanakan Praktikum di Masa Pandemi Covid-19

Wahyuningtias, Eva Duwi (2021) Analisis Ide Guru Ipa dalam Melaksanakan Praktikum di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
A5 211317010 EVA DUWI WAHYUNINGTIAS TADRIS IPA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di masa pandemi covid-19 di Indonesia pada saat
ini semua sekolah harus melaksanakan kegiatan belajar
mengajar secara online. Sistem pembelajaran yang awalnya
tatap muka di dalam kelas, ini bukan tidak mungkin lagi
digantikan oleh sistem pembelajaran integrasi melalui
internet (online). Jika dalam kegiatan belajar mengajar
dilakukan secara daring dan kesulitan belajar tersebut
dibiarkan, maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai
dengan maksimal. Dalam mengatasi kesulitan tersebut,
peserta didik memerlukan bantuan, baik dalam mencerna
materi pelajaran maupun dalam mengatasi hambatan
lainnya. Sehingga guru membutuhkan kreativitas dalam
mencari ide dalam melaksanakan praktikum IPA di masa
pandemi covid-19.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menjelaskan ide
guru IPA dalam melaksanakan praktikum IPA di masa
pandemi covid-19. 2) menjelaskan upaya guru IPA dalam
melaksanakan praktikum IPA di masa pandemi covid-19. 3)
menjelaskan apa saja faktor yang mempengaruhi adanya ide
guru IPA dalam melaksanakan praktikum IPA di masa
pandemi covid-19 di MTsN 6 Ponorogo.
x
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini
dilakukan di MTsN 6 Ponorogo. Ada tiga guru IPA yang
menjadi objek penelitian. Data dikumpulkan dengan
menggunakan observasi dan wawancara secara langsung
secara mendalam sebagai instrumen dalam pengumpulan
data.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa 1) ide
guru IPA dalam melaksanakan praktikum IPA di masa
pandemi covid-19 yaitu dengan melaksanakan praktikum
IPA secara sederhana dengan alat dan bahan yang ada di
sekitar rumah peserta didik. 2) Upaya guru IPA dalam
melaksanakan praktikum IPA di masa pandemi covid-19
antara lain dengan memberikan penuntun praktikum secara
jelas dan mudah dipahami peserta didik, mengadakan sesi
waktu bertanya untuk peserta didik agar peserta didik dapat
menanyakan hal terkait praktikum yang akan dilakukan,
guru IPA memilihkan tema materi yang sesuai dengan
kondisi saat ini, praktikum yang dilakukan tidak
memberatkan peserta didik. 3) Faktor yang mempengaruhi
ide guru IPA dalam melaksanakan praktikum IPA di masa
pandemi covid-19 antara lain dengan melihat berbagai
macam kondisi latar belakang peserta didik, ekonomi
keluarga, tujuan dari pembelajaran, kondisi lingkungannya,
kemampuan guru IPA dalam berfikir kreatif dan inovatif,
selain itu kemauan dari pendidik membuat praktikum agar
tidak membosankan, waktu pelaksanaan kegiatan
praktikum, keterbatasan kuota internet, keterbatasan
handphone yang support untuk mengakses platform,
banyaknya keluhan tentang hal seperti kuota internet, sinyal
terlampau sulit, dan juga ada beberapa yang berkeluhan
tidak supportnya handphone yang digunakan. Selain itu,
ada faktor lain agar peserta didik termotivasi untuk bisa
belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 26 Nov 2024 03:52
Last Modified: 26 Nov 2024 03:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30402

Actions (login required)

View Item View Item