Efektivitas Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematic (Stem) dengan Strategi Demonstrasi terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas Ix

Nafi’ah, Rohma Wahidatun (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematic (Stem) dengan Strategi Demonstrasi terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas Ix. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
2111317035_ROHMA WAHIDATUN NAFI'AH_TADRIS IPA .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam menghadapi sebuah perekembangan zaman, manusia dituntut untuk menguasai
keterampilan 4 C yakni communication, collaboration, critical thinking ¸dan creativity.
Kemampuan berfikir kreatif merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai manusia.
Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam pendidikan adalah melalui penerapan pembelajaran
Science,Technology, Engineering, And Mathematic (STEM) dengan strategi demonstrasi.
Melalui pembelajaran ini, peserta didik dapat mengungkapkan suatu ide yang dimilikinya
dengan mendapatkan pembelajaran secara langsung dengan melalui ilustrasi pembelajaran yang
dilakukan. Sehingga peserta didik lebih mudah memahami pelajaran dan dapat meningkatkan
kemampuannya dalam berfikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan
pembelajaran dan perbedaan kemampuan berfikir kreatif peserta didik kelas IX pada mata
pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Science, Technology, Engineering And
Mathematic (STEM) dengan strategi demonstrasi dan peserta didik dengan menggunakan model
pembelajaran konvensional pada kelas IX di MTs Al-Ishlah.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Sampel
pada penelitian ini adalah kelas IX A dan kelas IX B yang masing-masing kelas berjumlah 16
peserta didik. Teknik pengumpulan data tes tulis berupa poster dan uraian essay serta lembar
keterlaksanaan pembelajaran. Sebelum pembelajaran dilakukan peneliti melakukan pre test dan
pada akhir pembelajaran melakukan post test. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisis
dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan statistik menggunakan uji ancova yang
sebelumnya sudah dilakukan uji normalitas dan homogenitas.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan
pembelajaran sudah terlaksana dengan sangat baik. Dari penelitian ini diketahui bahwa P-Value
sebesar 0,000. Karena nilai dari P-Value kurang dari 0,05 maka dinyatakan bahwa H0 ditolak.
Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berfikir
kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran STEM dengan strategi demonstrasi
dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan nilai
estimate for difference sebesar 22,75. Hal ini menujukkan bahwa model pembelajaran Science,
Technology, Engineering, And Mathematic (STEM) dengan strategi demonstrasi lebih baik
daripada dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil post test diketahui bahwa
nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen memiliki kategori efektif untuk meningkatkan
kemampuan berfikir kreatif peserta didik (67%), sedangkan pada kelas kontrol kategori kurang
efektif (35,6%). Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah diperoleh, model pembelajaran
Science, Technology, Engineering, And Mathematic (STEM) dengan strategi demonstrasi bisa
direkomendasikan dalam dunia pendidikan untuk melatih peserta didik memiliki kemampuan
berfikir kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 26 Nov 2024 03:45
Last Modified: 26 Nov 2024 03:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30401

Actions (login required)

View Item View Item