Khasanah, Sukma Uswatul (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Inquiry Training Menggunakan Mobile Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Peserta Didik Kelas Viii pada Tema Sistem Pernapasan Manusia di Smp Ma’arif 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
211317090_SUKMA USWATUL KHASANAH_TADRIS IPA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berpikir logis merupakan produk dari pengetahuan ilmiah dan sikap ilmiah, hal ini
membuktikan bahwa kemampuan berpikir logis sangat penting dalam pembelajaran sains di
sekolah selain itu pengembangan pengetahuan dan kecanggihan teknologi dibutuhkan dalam
penyampaian materi IPA dalam proses pembelajaran perlu ditunjang dengan pendayagunaan
media pembelajaran interaktif. Pengembangan media pembelajaran interaktif
mempertimbangkan kemudahan dalam mendapatkannya di masa pandemi virus corona ini
menjadi cara efektif untuk melakukan pembelajaran dari rumah. Mengingat hal tersebut
penelitian mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis inquiry training
menggunakan mobile learning yang layak digunakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengethui 1) validitas produk pengembangan media
pembelajaran interaktif berbasis inquiry training menggunakan mobile learning pada materi
sistem pernapasan kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. 2) kepraktisan media pembelajaran
interaktif berbasis inquiry training menggunakan mobile learning pada materi sistem pernapasan
kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. 3) efektivitas produk media pembelajaran interaktif
berbasis inquiry training menggunkan mobile learning ditinjau dari hasil kemampuan berpikir
logis peserta didik kelas VIII pada materi sistem pernapasan di SMP Ma’arif 1 Ponorogo.
Metode yang digunakan yaitu R&D dengan model ADDIE yaitu Analysis, Design,
Development, Implemetation. Data yang dikumpulkan melalui angket dan tes, kemudian data
yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dan statistik
inferensial menggunakan uji independent sample t-test dan uji-t one toiled.ii
Hasil penelitian diketahui bahwa; 1) presentase rata – rata validasi 85,94 % diperoleh
dari validasi ahli media dan materi termasuk kategori valid. 2) kepraktisan media pembelajaran
interaktif berbasis inquiry training menggunakan mobile learning sebesar 85,11% termasuk
kategori sangat praktis. 3) keefektifan produk media pembelajaran interaktif berbasis inquiry
training menggunkan mobile learning ditinjau dari hasil kemampuan berpikir logis peserta didik,
berdasarkan uji independent sample t-test dan uji-t one toiled diperoleh nilai signifikansi 0,000 <
0,005 maka hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan mobile
learning berbasis inquiry training efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis peserta
didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Syaiful Arif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 03:26 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 03:26 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30398 |
Actions (login required)
View Item |