Penerapan Model Pictorial Riddle dengan Pendekatan Stem untuk Memulihkan Motivasi Sains dan Berpikir Kritis di Mts Ma’arif Al Ishlah Bungkal Ponorogo

Afifudin, Ahmad Arif (2021) Penerapan Model Pictorial Riddle dengan Pendekatan Stem untuk Memulihkan Motivasi Sains dan Berpikir Kritis di Mts Ma’arif Al Ishlah Bungkal Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211317063 _Ahmad Arif Afifudin_T IPA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki prestasi yang rendah di kancah Internasional, laporan PISA 2015
pringkat Indonesia yaitu 62 dari 69 negara yang mengikuti dengan perolehan rata-rata 403, pada
tahun 2018 bidang sains Indonesia tetap mencatatkan di peringkat rendah yaitu 71 dengan
perolehan rata-rata 396. Berkaitan dengan masalah tersebut, pengajar khususnya dalam
pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diperlukan model pembelajaran dan pendekatan yang
memungkingkan peserta didik aktif dalam pembelajaran daring maupun luring untuk
memulihkan motivasi dan melatih berpikir kritis peserta didik SMP/MTs. Tujuan utama
penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan mencari mana yang lebih baik antara
pembelajaran Pictorial Riddle dengan pendekatan STEM atau pembelajaran Konvensional pada
Motivasi Sains dan Berpikir Kritis Peserta Didik MTs Ma‘arif Al-Ishlah Bungkal Ponororgo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode quasi eksperimen
dengan purposive sampling . Sampel dalam penelitian ini peserta didik kelas VIII A dan VIII B
di MTs Ma‘arif Al-Ishlah Bungkal Ponororgo. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran
kuesioner dan soal sosio emosional yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil yang telah dianalisis, penurunan yang terjadi pada sebelum dan
sesudah semester dapat diamati di masing-masing 5 faktor motivasi dan 5 indikator berpikir
kritis, dengan rata-rata nilai 49,95 dan kemudian meningkat menjadi 84,48. Setelah di amati baik
motivasi belajar dan berpikir kritis penurunan tidak berlangsung lama setelah diterapkannya
model Pictorial Riddle dengan STEM. Bedasarkan analisis data yang dilakukan peneliti, maka
dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi sains dan berpikir
kritis antara Pembelajaran Pictorial Riddle dengan Pendekatan STEM dan Pembelajaran
Konvensional. Pembelajaran Pictorial Riddle dengan Pendekatan STEM lebih baik dari pada
Pembelajaran Konvensional. Model pembelajaran Pictorial Riddle dengan Pendekatan STEM
bisa menjadi rekomendasi bagi dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 26 Nov 2024 02:53
Last Modified: 26 Nov 2024 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30395

Actions (login required)

View Item View Item