Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbasis Literasi Sains terhadap Kemampuan Bertanya Kelas Viii Smpn 1 Jetis

Cahyani, Anggy Ardiya (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbasis Literasi Sains terhadap Kemampuan Bertanya Kelas Viii Smpn 1 Jetis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211317040-Anggy Ardiya Cahyani-Tadris IPA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tantangan zaman abad-21 salah satunya adalah keterampilan dalam berfikir kritis. Berfikir
kritis dapat melatih peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan kompleks yang terjadi dalam
kehidupan sehari-hari di sekitar masyarakat. Salah satu indikator dalam berfikir kritis adalah
kemampuan bertanya. Seseorang bertanya untuk dapat mengumpulkan informasi yang ingin
diketahuinya dan penambah pengetahuan. Kemampuan bertanya peserta didik dapat ditingkatkan
dengan merancang model pembelajaran yang mampu membangkitkan minat belajar dan
meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik. Salah satu model pembelajaran tersebut yaitu
Learning Cycle 5E berbasis Literasi Sains. Model Learning Cycle 5E yang menuntut peserta didik
untuk belajar secara langsung dan didukung dengan literasi sains akan menumbuhkan minat
belajar dan rasa ingin tahu peserta didik sehingga dapat meningkatkan kemampuan bertanya.
Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Jetis, dengan tujuan untuk: (1) Mengetahui
keterlaksanaan pembelajaran dengan model Learning Cycle 5E berbasis Literasi Sains pada
pembelajaran IPA peserta didik kelas VIII SMPN 1 Jetis, (2) Mengetahui aktivitas peserta didik
dalam pembelajaran dengan model Learning Cycle 5E berbasis Literasi Sains pada pembelajaran
IPA peserta didik kelas VIII SMPN 1 Jetis, (3) Mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E
berbasis Literasi Sains untuk meningkatkan kemampuan bertanya pada pembelajaran IPA peserta
didik kelas VIII SMPN 1 Jetis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan
desain true experimental design. Populasi dalam penelitian ini merukan peserta didik kelas VIII
SMPN 1 Jetis yang berjumlah 253 peserta didik dengan sampel kelas VIII G dan VIII H SMPN 1
Jetis yang masing-masing kelas berjumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes uraian dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan analisis uji statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model Learning
Cycle 5E berbasis Literasi Sains diperoleh persentase sebesar 94%. Aktivitas peserta didik dalam
pembelajaran dengan model Learning Cycle 5E berbasis Literasi Sains lebih aktif pada tahap
Explore. Karena dalam tahap ini peserta didik dituntuk aktif dalam mencari informasi terkait
materi yang dipelajari. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa nilai P-Value kurang dari 0,05
sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle 5E
berbasis Literasi Sains terhadap kemampuan bertanya pada pembelajaran IPA peserta didik kelas
VIII SMPN 1 Jetis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 26 Nov 2024 02:44
Last Modified: 26 Nov 2024 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30393

Actions (login required)

View Item View Item