Rofi’ah, Fitri (2021) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) Berbasis Outdoor terhadap Sikap Peduli Sosial dan Lingkungan Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas Vii di Smp Negeri 4 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
211316025_FITRI ROFIAH_TADRIS IPA1.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sikap peduli sosial dan lingkungan merupakan dua dari
18 karakter yang harus dikembangkan di sekolah. Sikap
peduli sosial dan lingkungan siswa yang masih rendah dapat
ditingkatkan menggunakan model pembelajaran Experiential
Jelajah Alam Sekitar (EJAS) berbasis outdoor dalam proses
pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui apakah ada perbedaan sikap peduli sosial dan
lingkungan siswa Kelas VII yang menggunakan model
pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS)
berbasis outdoor dengan siswa yang menggunakan model
pembelajaran konvensional di SMP Negeri 4 Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kuantitatif dengan menggunakan dua kelas sebagai
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan
data yang digunakan adalah kuisioner yang telah dilakukan
uji validitas dan uji reliabilitas pada kesempatan sebelumnya.
Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji manova
viii
yang sebelumnya dilakukan uji prasayarat yakni uji
normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan penelitian
diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai
signifikansi kurang dari 0,05 maka H0 ditolak. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
pada sikap peduli sosial dan lingkungan siswa yang
menggunakan model pembelajaran Experiential Jelajah
Alam Sekitar (EJAS) berbasis Outdoor dengan siswa yang
menggunakan model pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil pada descriptive statistics diketahui bahwa
rata-rata sikap peduli sosial yang menggunakan model EJAS
sebesar 57,89 sedangkan yang menggunakan model
konvensional sebesar 43,32 dan rata-rata sikap peduli
lingkungan yang menggunakan model EJAS sebesar 76,54
sedangkan yang menggunakan model konvensional sebesar
63,66. Hal ini menunjukkan bahwa sikap peduli sosial dan
lingkungan siswa yang menggunakan model pembelajaran
Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) berbasis Outdoor
(kelas eksperimen) lebih baik dibandingkan dengan yang
menggunakan model pembelajaran konvensional (kelas
kontrol)
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Hanin Niswatul Fauziah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 02:36 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 02:58 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30392 |
Actions (login required)
View Item |