Analisis Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar pada Pemahaman Konsep IPA di Kelas IV SDN Sawojajar 1 Takeran Magetan

Pradana, Muhammad Toriq Adi (2024) Analisis Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar pada Pemahaman Konsep IPA di Kelas IV SDN Sawojajar 1 Takeran Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200207 MUHAMMAD TORIQ ADI PRADANA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ilmu pengetahuan alam memegang peranan yang sangat penting, dalam ilmu pengetahuan dan kehidupan sehari-hari. Ilmu pengetahuan alam membantu ilmu-ilmu lain untuk menganalisis berbagai pengamatan yang ada, menemukan hubungan-hubungan yang logis mengenai pengetahuan alam, dan menarik kesimpulan akhirnya mengembangkan ilmu pengetahuan itu sendiri sehingga semua jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi mempelajari IPA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) konsep IPA yang sulit untuk di pahami pada siswa yang memiliki gangguan kesulitan belajar di kelas IV. 2) apa saja faktor penyebab yang mempengaruhi kesulitan dalam memahami konsep IPA pada siswa yang memiliki gangguan kesulitan belajar di kelas IV. 3) peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar dalam pemahaman konsep IPA pada siswa kelas IV.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif berjenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Tujuan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa deskriptif mengenai analisis strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada pemahaman konsep IPA di kelas IV SDN Sawojajar 1 Takeran Magetan.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Konsep IPA yang sulit dipahami terletak pada materi perubahan wujud zat dan benda, perkembangbiakan tumbuhan, gaya disekitar kita, dan energi. Hal ini dikarenakan bahan ajar yang digunakan siswa kurang spesifik dan contoh dalam kehidupan sehari-hari belum di cantumkan. 2) Kesulitan belajar IPA yang dialami siswa pada faktor internal dan eksternal yang meliputi: Faktor internal terbagi menjadi dua yaitu: Faktor psikologis yang dialami yaitu kecerdasan, sikap, minat, dan Faktor fisiologis, yang dialami yaitu riwayat penyakit, kelemahan atau cacat tubuh. Faktor eksternal terbagi menjadi dua yaitu: Faktor keluarga yang disebabkan oleh cara orang tua mendidik, dan faktor sekolah, yang disebabkan yaitu kurikulum, metode mengajar. 3) Strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar IPA antara lain mengadakan bimbingan belajar di sekolah dan di rumah, memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan minat belajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Esti Yuli Widayanti
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2024 02:01
Last Modified: 26 Nov 2024 02:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30388

Actions (login required)

View Item View Item