..( LAMPIRKAN SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TANDA TANGAN ASLI, OPLOUD ULANG).. KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS IV DI SDN TIRON 01 DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Rahmawati, Nia (2024) ..( LAMPIRKAN SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TANDA TANGAN ASLI, OPLOUD ULANG).. KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS IV DI SDN TIRON 01 DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI- NIA RAHMAWATI-2023200074- UPLOAD ETHESE.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rahmawati, Nia. 2024. Keterampilan Menyimak Siswa Kelas IV Di SDN TIRON 01 Madiun Ditinjau dari Gaya Belajar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibthidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Berlian Pancarrani, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Menyimak, Siswa, Gaya Belajar.
Kemampuan siswa dalam hal menangkap pelajaran di SDN TIRON 01 Madiun berbeda-beda. Ada sebagian siswa yang cepat, ada juga yang lambat dalam menangkap materi. Oleh karena itu, mereka juga memiliki cara yang berbeda-beda dalam hal memahami materi. Sebagian dari siswa akan suka jika cara mengajar gurunya dengan menuliskan segala materi di papan tulis, ada juga yang hanya dijelaskan saja sudah paham.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan keterampilan menyimak siswa kelas IV di SDN TIRON 01 Madiun, (2) mendeskripsikan gaya belajar siswa kelas IV di SDN TIRON 01 Madiun, (3) mendeskripsikan keterampilan menyimak siswa kelas IV di SDN TIRON 01 Madiun ditinjau dari gaya belajar.
Penelitian ini bertempat di Jalan Gajah Sorengpati Desa Tiron, Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun dimulai pada tanggal 12 Agustus 2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik interaktif Miles, Huberman dan saldana; Reduksi data, Penyajian data, dan Kesimpulan.
Dalam penelitian ini diperoleh hasil pertama, keterampilan menyimak siswa kelas IV SDN TIRON 01 Madiun dengan predikat sangat sangat baik sebanyak 2 siswa, predikat baik sebanyak 3 siswa, dan predikat kurang sebanyak 27 siswa. Kedua, gaya belajar siswa adalah dengan rincian 20 siswa memiliki gaya belajar kinestetik, 7 siswa dengan gaya belajar audiotorial, 1 siswa dengan gaya belajar visual, dan 3 siswa dengan gaya belajar kombinasi audiotorial-kinestetik. Ketiga, siswa yang memiliki keterampilan menyimak sangat baik terdiri dari 2 siswa, yaitu 2 siswa dari gaya belajar kinestetik. Untuk siswa yang tingkat keterampilan menyimak sangat baik pada saat di dalam kelas sudah berani bertanya, menjawab. Siswa yang memiliki keterampilan menyimak baik terdiri dari 3 siswa, dengan rincian 1siswa dari gaya belajar visual, 1 siswa dari gaya belajar kinestetik, dan 1siswa dari gaya belajar auditorial-kinestetik. Siswa tersebut sudah berani bertanya tetapi belum dapat menjawab pertanyaan guru. Siswa yang keaktifannya cukup terdiri dari 27 siswa, yaitu dari 17 gaya belajar kinestetik, 7 siswa audiotorial, dan 3 siswa audiotorial-kinestetik.

ABSTRACT

Rahmawati, Nia. 2024. Listening Skills of Fourth Grade Students at SDN TIRON 01 Madiun Reviewed from Learning Styles. Thesis. Department of Elementary Madrasah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, State Islamic Institute of Ponorogo. Advisor: Berlian Pancarrani, M.Pd.
Keywords: Listening Skills, Students, Learning Styles.
Students' abilities in capturing lessons at SDN TIRON 01 Madiun vary. There are some students who are fast, there are also those who are slow in grasping the material. Therefore, they also have different ways of understanding the material. Some students will like it if the teacher teaches by writing all the material on the board, there are also those who just explain it and understand it.
The aims of this research were to (1) describe the listening skills of class IV students at SDN TIRON 01 Madiun, (2) describe the learning styles of class IV students at SDN TIRON 01 Madiun, (3) describe the listening skills of class IV students at SDN TIRON 01 Madiun reviewed from learning style.
This research took place on Jalan Gajah Sorengpati, Tiron Village, Madiun District, Madiun Regency starting on August 12 2024. The approach used in this research was a case study approach. The data analysis technique in this research used the interactive techniques Miles, Huberman and Saldana; Data reduction, data presentation, and conclusions.
In this research, the first results were obtained, the listening skills of class IV students at SDN TIRON 01 Madiun with a very very good predicate of 2 students, a good predicate of 3 students, and a poor predicate of 27 students. Second, the students' learning styles are detailed: 20 students have a kinesthetic learning style, 7 students have an audiotorial learning style, 1 student has a visual learning style, and 3 students have a combined audiotorial-kinesthetic learning style. Third, students who have very good listening skills consist of 2 students, namely 2 students from the kinesthetic learning style. For students whose listening skill level is very good, when in class they dare to ask questions and answer. Students who have good listening skills consist of 3 students, with details of 1 student from the visual learning style, 1 student from the kinesthetic learning style, and 1 student from the auditory-kinesthetic learning style. The student has dared to ask but has not been able to answer the teacher's question. Students who were quite active consisted of 27 students, namely from 17 kinesthetic learning styles, 7 audiotorial students, and 3 audiotorial-kinesthetic students.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2024 01:54
Last Modified: 26 Nov 2024 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30387

Actions (login required)

View Item View Item