Putri, Fitria Pratika (2024) Implementasi Ekstrakurikuler Drumband dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar Siswa Kelompok B Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
205200012_Fitria Pratika Putri_PIAUD.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan motorik kasar sangat perlu dikembangkan karena hal tersebut menyangkut fisik, jasmani dan rohani anak usia dini. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan stimulasi supaya perkembangan motorik kasar anak berkembang dengan baik. Berdasarkan masalah yang peneliti temukan di lapangan siswa kelompok B belum menjaga keseimbangnnya dengan baik saat kegiatan motorik kasar seperti senam dan permainan fisik. Aktivitas untuk mengembangkan motorik kasar bermacam-macam, salah satunya yaitu ekstrakurikuler drumband. Ekstrakurikuler drumband adalah suatu aktivitas yang melibatkan banyak orang dengan memainkan alat musik, menari, memegang bendera dan mayoret.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler drumband di TK Muslimat NU 001 Ponorogo; 2) mendeskripsikan capaian perkembangan motorik kasar anak kelompok B di TK Muslimat NU 001 Ponorogo dan 3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kegiatan drumband di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles Huberman dan Saldana. Adapun langkah-langkahnya yaitu, 1) reduksi data; 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) pelaksanaan ekstrakurikuler drumband dilakukan dengan baik sesuai langkah-langkah pelaksanaan ekstrakurikuler drumband dari menyiapkan alat drumband, memberikan pemanasan, mengajarkan anak memegang stik, cara memainkan alat drumband dan terakhir materi musik. Ekstrakurikuler drumband dilaksanakan dua kali seminggu pada hari Rabu dan Kamis; 2) faktor pendukung ekstrakurikuler drumband ada tiga yaitu, pendidik, alat drumband dan minat bakat anak. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu durasi bermain anak berkurang ketika kegiatan ekstrakurikuler digabung menjadi satu hari; 3) tingkat pencapaian perkembangan motorik kasar anak kelompok B dari yang mayoritas mulai belum berkembang menjadi mayoritas berkembang sesuai dengan harapan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Umi Rohmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 01:47 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 02:23 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30383 |
Actions (login required)
View Item |