Azzahra, Annisa Yasfa (2024) Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Jurusan PAI Di IAIN Ponorogo Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Annisa Yasfa Azzahra.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan tinggi merupakan tahap penting dalam kehidupan individu dan pemilihan jurusan di perguruan tinggi menjadi salah satu keputusan yang perlu dipikirkan secara kritis karena merupakan keputusan yang krusial sehingga dapat mempengaruhi masa depan seorang individu. Pada tahun 2024/2025, jurusan PAI tercatat memiliki 1.849 mahasiswa aktif dan hal ini menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan jurusan lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh citra merek (brand image) terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih jurusan PAI. 2) Pengaruh citra merek (brand image) terhadap kepercayaan merek (brand trust). 3) Pengaruh kepercayaan merek (brand trust) terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih jurusan PAI. 4) Pengaruh citra merek (brand image) terhadap keputusan mahasiswa dengan kepercayaan merek (brand trust) sebagai variabel intervening.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif asosiatif kausalitas. Pengumpulan data dilakukan dengan angket atau kuesioner yang disebarkan secara online. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 55 responden. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) yang terdiri dari dua submodel yaitu model pengukuran atau outer model dan model struktural atau inner model. Analisis ini dilakukan dengan bantuan aplikasi software SmartPLS versi 4.0 yang mempermudah permodelan serta interpretasi data secara komprehensif.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Citra merek atau brand image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih jurusan PAI di IAIN Ponorogo dengan pengaruh yang ditunjukkan oleh nilai effect size (F2) sebesar 0,325. 2) Citra merek atau brand image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek atau brand trust dengan pengaruh yang ditunjukkan oleh nilai effect size (F2) sebesar 0,961. 3) Kepercayaan merek atau brand trust berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih jurusan PAI di IAIN Ponorogo dengan pengaruh yang ditunjukkan oleh nilai effect size (F2) sebesar 0,303. 4) Kepercayaan merek atau Brand trust secara signifikan berperan sebagai variabel mediasi yaitu memediasi pengaruh tidak langsung brand image terhadap keputusan memilih jurusan. Nilai effect size upsilon-V dari peran mediasi brand trust ini sebesar 0,094.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dian Pratiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 01:37 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 02:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30378 |
Actions (login required)
View Item |