Nursafitri, Eka (2021) Faktor-Faktor Resistansi Masyarakat Desa Ngrayun terhadap Keputusan menjadi Nasabah Asuransi Syariah di Asuransi Prudential Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
210717079_EKA NURSAFITRI_Ekonomi Syariah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Asuransi syariah akan semakin tinggi permintaan dan antusias yang tinggi.
Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang
asuransi syariah menjadi isu strategi dalam pengembangan asuransi syariah.
Pengetahuan konsumen merupakan semua informasi yang dimiliki oleh konsumen
mengenai berbagai produk atau jasa. Berdasarkan hasil wawancara dengan agen
asuransi prudential menyatakan bahwa masyarakat masih sedikit yang memiliki
asuransi jiwa semua itu dikarenakan tingkat kepercayaan masyarakat masih
rendah hal tersebut dikarenakan rendahnya pengetahuan mereka mengenai
asuransi syariah. Dan saat melakukan promosi terdapat penolakan dari
masyarakat. Dari sini maka pemasar harus mampu memberikan pengetahuan
mengenai manfaat dan kelebihan mengenai asuransi syariah. Penelitian ini
bertujuan: 1) untuk mengetahui bagaimana perkembangan asuransi syariah
prudential Ponorogo. 2) untuk mengetahui faktor-faktor resistansi Masyarakat
Desa Ngrayun menjadi nasabah asuransi prudential Ponorogo.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research)
dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara (interview) dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perkembangan Asuransi Syariah
Prudential di Ponorogo mengalami naik dan turun, tetapi dalam kurun waktu
terakhir mengalami penurunan. Khususnya di Desa Ngrayun Kecamatan Ngrayun,
perkembangan asuransi syariah prudential cukup sulit karena berbagai faktor yang
mempengaruhi keputusan masyarakat untuk bergabung menjadi nasabah. Pihak
agen asuransi syariah prudential kemudian menentukan solusi-solusi yang dapat
diterapkan di wilayah pedesaan khususnya Desa Ngrayun Kecamatan Ngrayun. 2)
Faktor-faktor yang ada berdasarkan hasil wawancara dengan konsumen yang telah
memperoleh sosialisasi atau tawaran dari agen asuransi syariah prudential di Desa
Ngrayun Kecamatan Ngrayun timbul saling berhubungan antar faktor, baik dari
faktor budaya dan sub budaya, pekerjaan, umur, kelompok referensi dan keluarga,
serta lokasi. Dari beberapa faktor yang telah disebutkan diatas faktor-faktor
tersebut sangatlah berhubungan dengan keputusan konsumen menjadi nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Husna Ni’matul Ulya |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 07:29 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 07:30 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30367 |
Actions (login required)
View Item |