Putri, Indah Mahardya (2021) Strategi Pemasaran Baitul Maal Wa Tamwil Insane Mandiri dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pembiayaan Musyarakah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
210717073_INDAH MAHARDYA PUTRI_EKONOMI SYARIAH..pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
BMT merupakan salah satu lembaga keuangan swasta yang modal sepenuhnya
bersumber dari masyarakat. eksistensi lembaga keuangan syariah seperti BMT memiliki
arti penting bagi pembangunan ekonomi berwawasan syariah. BMT memiliki peran
sebagai penyedia keuangan dan lalu lintas pembayaran serta sebagai pengembangan
fungsi sosial. Peran BMT diantaranya yaitu untuk membantu meningkatkan dan
mengembangkan potensi umat dalam program pengentasan kemiskinan. Berdasarkan
hasil wawancara dengan pihak BMT menyatakan bahwa masyarakat di sekitar BMT
Insan Mandiri kurang berminat dalam menggunakan produk pembiayaan musyarakah.
Jumlah nasabah selama 2 tahun terakhir di BMT Insan Mandiri mengalami kenaikan
cukup pesat namun mayoritas nasabah memilih produk pembiayaan lain. Dari sini pihak
BMT harus mengoptimalkan strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah
produk musyarakah. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui bagaimana
perkembangan produk musyarakah di BMT Insan Mandiri Ponorogo. 2) untuk
mengetahui apa saja strategi pemasaran BMT Insan Mandiri dalam memasarkan produk
pembiayaan musyarakah.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan
menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu
wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perkembangan jumlah nasabah BMT Insan
Mandiri secara keseluruhan mengalami peningkatan selama 2 tahun terakhir. Namun,
mayoritas nasabah memilih produk pembiayaan murabahah dan mudaharabah. Hal ini
dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti halnya banyaknya pesaing di wilayah Jeruksing
Ponorogo serta persaingan harga yang ditawarkan antar sesama lembaga keuangan. 2)
Secara keseluruhan strategi bauran pemasaran 7p sebagian besar sudah diterapkan secara
optimal di BMT Insan Mandiri. Strategi bauran pemasaran yang dilakukan sangat
berpengaruh terhadap perkembangan produk pembiayaan musyarakah. masyarakat serta
pelaku usaha belum begitu mengenal produk pembiayaan musyarakah sehingga
diperlukan pembelajaran serta pengenalan lebih lanjut untuk meningkatkan jumlah
nasabah produk pembiayaan musyarakah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Husna Ni’matul Ulya |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 07:18 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 07:30 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30365 |
Actions (login required)
View Item |