Zahroni, Lutfi Sholikhu (2024) Resiliensi Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas V di MIN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Skripsi_Lutfi_Sholiku_Zahroni_PGMI_ Watermark up_113001.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Zahroni, Lutfi Sholikhu, 2024, Resiliensi Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas V di MIN 6 Ponorogo. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I
Kata Kunci : Resiliensi, Keterampilan Berbicara, Bahasa Inggris
Dalam menyongsong persaingan yang bersifat global, kemmpuan menggunakan bahasa Internasional merupakan salah satu aspek yang sangat penting. Kemampuan berbahasa terutama berbahasa inggris menjadi suatu aspek yang sangat penting dalam memperlengkapi sumber daya manusia yang akan terjun dalam dunia pekerjaan. Oleh karena itu, siswa harus dipersiapkan agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan memiliki keterampilan yang berguna terutama dalam segi kemampuan berbahasanya.
Untuk mengatasi masalah yang ada maka tujuan peneliti yaitu:1. Untuk mengetahui resiliensi peserta didik dalam keterampilan berbicara Bahasa Inggris, 2. Untuk mengetahui faktor risiko dan faktor protektif resiliensi dalam keterampilan berbicara Bahasa Inggris peserta didik kelas V di MIN 6 Ponorogo.
Untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini maka peneliti mengguakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data berupa narasi. Penelitian ini dilaksanakan tanggal tanggal 5 Oktober dan 7 Oktober 2024 tepatnya di kelas V MIN 6 Ponorogo yang berjumlah 19 peserta didik . Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Peserta didik kelas V di MIN 6 Ponorogo aktif mengikuti pembelajaran bahasa Inggris dengan dengan antusias saat ada hal yang menarik serta guru selalu memberikan motivasi dan dukungan sehingga peserta didik tidak merasa takut ataupun cemas. Ada satu peserta didik yang penguasaan bahasa Inggrisnya lebih baik dari teman lainnya dan menjadi peranara guru untuk membantu temannya supaya mau belajar bahasa Ingris walaupun belum sempurna tetapi ada keinginan untuk mau berusaha agar bisa. Peserta didik di MIN 6 Ponorogo sering menggunakan bahasa Indonesia jika belum mengetahui bahasa Inggrisnya sebagai usahanya untuk bisa berbahasa Inggris seraya bertanya pada gurunya. Selain itu ketika peserta didik mengalami kesulitan mereka meminta bantuan kepada peserta didik yang bisa terlebih dahulu sebelum ke guru sebagai usaha kalau ingin bisa. Ada salah satu peserta didik yang sengaja ditunjuk oleh guru karena untuk memotivasi teman-temannya agar saling memiliki kepercayaan diri serta menghilangkan rasa takut salah saat berbicara bahasa Inggris. Faktor risiko dalam keterampilan berbicara bahasa Inggris di antaranya; 1) Konsentrasi peserta didik mudah buyar jika dalam pembelajaran bahasa Inggris tidak diselingi dengan hal-hal yang menarik seperti permainan berupa kuis. 2) Mood peserta didik akan memburuk dan jenuh, sehingga di perlukan ice breaking. Faktor protektif dalam keterampilan berbicara bahasa Inggris di antaranya; 1) Dukungan serta motivasi dari guru kepada peserta didik. 2) Peserta didik belajar dengan kakaknya untuk menambah kosa kata yang sulit, sedangkan yang tidak punya kakak orang tua bisa membelikan kamus serta mendampingi anaknya saat belajar bahasa Inggris dengan video pembelajaran lewat YouTube.3) Dukungan dari orang tua pada anaknya dengan cara mengikutkan anaknya ke tempat les bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 06:29 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 06:39 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30359 |
Actions (login required)
View Item |