Safitri, Rima Winata (2024) ..( TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOUD ULANG)..Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kepercayaan Diri Terhadap Kemandirian Belajar PAIBP pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
E THESIS_RIMA WINATA SAFITRI_201200379.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Safitri, Rima Winata. 2024. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kemandirian Belajar PAIBP Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Kepercayaan Diri, Kemandirian Belajar.
Kemandirian belajar merupakan suatu yang penting untuk diperhatikan, siswa dengan kemandirian belajar baik akan mampu untuk berpikir kritis, kreatif dan inovatif, serta tidak mudah dipengararuhi orang lain, tidak menghindari masalah, dapat menyelesaikan sendiri masalah yang dihadapi, tidak rendah diri, selalu bekerja keras dan dapat mempertanggung jawabkan berbagai hal yang dilakukan. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi siswa dalam belajar, baik dari faktor internal maupun faktor eksternal. Sedangkan realita yang ada sekarang, banyak siswa yang kurang percaya diri akan kemampuan yang dimiliki oleh dirinya, sehingga menyebabkan kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk mencontek pekerjaan temannya, baik pekerjaan rumah maupun pekerjaan sekolah dari pada mengutarakan pendapat sesuai kemampuan mereka sendiri. Kepercayaan diri merupakan salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi kemandirian belajar siswa, maka dari itu harus ditanamkan didalam diri semua siswa. Selain itu, keluarga seharusnya menjadi tempat dimana siswa dapat membentuk rasa percaya diri tersebut sejak dini. Lingkungan keluarga yang baik akan membentuk kepribadian baik pula pada diri anak dalam berbagai aspek.
Tujuan dari penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah yang telah dikemukakan yaitu: (1) mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemandirian belajar; (2) Mengetahui signifikansi pengaruh kepercayaan diri terhadap kemandirian belajar; (3) Mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan keluarga dan kepercayaan diri terhadap kemandirian belajar siswa SMP Negeri 1 Jenangan, Ponorogo. Untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian berupa es post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenangan, Ponorogo, Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah sebanyak 145 responden. Kemudian untuk instrument penelitiannya menggunakan observasi, angket dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenangan, Ponorogo berapa pada kategori sedang dengan prosentase 73,79%. (2) Lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenangan, Ponorogo dengan prosentase 42,7%. (3) Kepercayaan diri berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenangan, Ponorogo dengan prosentase 47,5%. (4) Lingkungan keluarga dan kepercayaan diri berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenangan, Ponorogo dengan prosentase 47,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Andhita Dessy Wulansari |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 05:48 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 06:28 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30357 |
Actions (login required)
View Item |