Pengembangan Modul IPAS Berorientasikan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas V di MIN 4 Ponorogo

Anggraini, Geby Nurvita (2024) Pengembangan Modul IPAS Berorientasikan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas V di MIN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETEHESE GEBY NURVITA ANGGRAINI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Anggraini, Geby Nurvita. 2024. Pengembangan Modul IPAS Beorientasi Model Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas V di MIN 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururuan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Faninda Novika Pertiwi, M.Pd.

Kata Kunci: Modul IPAS, Project Based Learning (PJBL), Kreativitas Belajar Siswa.
Kreativitas merupakan suatu tuntutan yang sangat penting dalam kehidupan pada saat ini. Kreativitas menghasilkan berbagai inovasi dan perkembangan baru. Kreativitas biasanya dikaitkan dengan kemampuan atau bakat dalam menciptakan sesuatu yang imajinatif. Dilingkungan sekolah, peserta didik berinteraksi untuk mengembangkan kreativitasnya, kreativitas dalam diri peserta didik digunakan untuk menghadapi berbagai masalah yang muncul selama berinteraksi dengan lingkungannya serta mencari alternatif pemecahannya sehingga tercapai penyesuaian diri secara kuat.
Tujuan Penelitian (1) Untuk mengembangkan modul IPAS berorientasi model Project Based Learning yang efektif bagi siswa kelas V di MIN 4 Ponorogo. (2) Mengetahui kelayakan modul IPAS berorientasi model Project Based Learning (PJBL) di MIN 4 Ponorogo. (3) Mengetahui efektivitas penerapan modul IPAS berorientasi model Project Based Learning (PJBL) terhadap peningkatan kreativitas belajar kelas V di MIN 4 Ponorogo.
Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di MIN 4 Ponorogo yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan metode validasi, kuesioner, dan tes. Teknik Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan Gain Ternormalisasi (N-Gain).
Berdasarkan hasil penelitian modul IPAS berorientasi model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas V di MIN 4 Ponorogo yang dikembangkan berorientasi model ADDIE menunjukkan bahwa (1) Hasil penilaian ahli media menunjukkan bahwa modul IPAS berorientasi model Project Based Learning yang telah dikembangkan mendapatkan kategori baik dengan skor 69,94% sedangkan hasil penilaian ahli materi menunjukkan kategori sangat baik dengan skor 89%. Hal ini menunjukan bahwa pengembangan modul IPAS berorientasi model Project Based Learning “layak digunakan tanpa revisi” (2) Hasil penilaian dari angket kepraktisan respon peserta didik menunjukkan bahwa modul IPAS berorientasi model Project based Learning telah dikembangkan dengan hasil nilai 83% dengan kriteria respon sangat layak. (3) Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa t hitung 4,907> t tabel 2,056 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas belajar siswa yang menggunakan modul IPAS berorientasi model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas V di MIN 4 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:28
Last Modified: 25 Nov 2024 04:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30353

Actions (login required)

View Item View Item