Fatika, Linda (2024) NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL SUJUD NISA DI KAKI TAHAJJUD SUBUH KARYA KARTINI NAINGGOLAN DAN IMPLIKASINYA PADA PELAKSANAAN P5-PPRA KURIKULUM MERDEKA DI MTS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200109_LINDA FATIKA_PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan di Indonesia selama ini cenderung berfokus pada aspek kognitif, seperti prestasi akademik, tanpa banyak menekankan pada pengembangan karakter siswa. Hal ini menimbulkan kesenjangan dalam membentuk generasi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berakhlak mulia. Sebagai solusi, kurikulum merdeka melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dan rofil pelajar rahmatan lil alamin (PPRA) hadir untuk menyeimbangkan aspek kognitif dan karakter, dengan menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual dalam proses pendidikan. Pendidikan Islam juga sejalan dengan visi ini, karena menekankan pentingnya akhlak mulia dan integritas, sejalan dengan pembentukan karakter yang menyeluruh. Dalam konteks novel-novel pendidikan, pengembangan karakter sering kali diangkat sebagai tema utama, menggambarkan perjalanan tokoh dalam menemukan jati diri dan nilai moral yang kuat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan Islam (nilai akidah, nilai akhlak, nilai ibadah, nilai sosial) yang terdapat pada novel Sujud Nisa di Kaki Tahajjud Subuh karya Kartini Nainggolan, dan untuk menjelaskan implikasi nilai pendidikan Islam pada pelaksanaan P5-PPRA kuriulum merdeka Madrasah Tsanawiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan (library reaserch). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Sujud Nisa di Kaki Tahajjud Subuh karya Kartini Nainggolan yang digunakan untuk mencari, menemukan data berupa dialog-dialog antar tokoh dalam novel ini yang menunjukkan nilai pendidikan Islam (nilai akidah, nilai akhlak, nilai ibadah, nilai sosial). Penelitian ini menggunakan teknik analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) novel Sujud Nisa di Kaki Tahajjud Subuh karya Kartini Nainggolan mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yaitu nilai akidah, nilai akhlak, nilai ibadah dan nilai sosial. Nilai akidah meliputi iman kepada Allah swt, iman kepada Qada dan Qadar. (2) Nilai akhlak terdapat nilai jujur, bersyukur, berbakti kepada orang tua, tadabbur dan muhasabah. (3) Nilai ibadah meliputi salat, membaca Al-Quran, berdoa, dan menuntut ilmu. (4) Nilai sosial terdapat nilai tolong-menolong dan bertanggung jawab. (5) Terdapat implikasi nilai pendidikan Islam dalam novel Sujud Nisa di Kaki Tahajjud Subuh pada pelaksanaan P5-PPRA kurikulum merdeka Madrasah Tsanawiyah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Farida Yufarlina Rosita |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:55 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30342 |
Actions (login required)
View Item |