EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SAWOO PONOROGO

Widia, Ima (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SAWOO PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201200089_IMA WIDIA_UPLOD E THESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan indikator yang penting dalam menilai efektivitas proses Pendidikan Agama Islam. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi hasil belajar. Meskipun metode yang telah dirancang untuk mendorong keterlibatan siswa secar aktif, pada kenyataanya kegiatan pembelajaran tidak sampai ke siswa. Hal ini yang mengakibatkan hasil belajar menurun. Metode brainstorming yang melibatkan interaksi aktif diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa lebih mendalam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode brainstorming dengan siswa yang diajaran dengan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 1 Sawoo Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawoo. Dalam penelitian ini pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling sehingga di peroleh kelas VIII F sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 siswa dan kelas VIII B yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Data hasil penelitian dikumpulkan dari hasil score tes essay kemudian dianlisis dengan menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan software IBM SPSS statistics 26.
Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kesimpulan: score rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada kelas eksperimen lebih tinggi dari score rata-rata kelas kontrol, yaitu 81 untuk kelas eksperimen dan 77 untuk kelas kontrol. Pada uji t (independent sample t-test) berdasarkan kriteria thitung > ttabel dimana nilai sig.(2-tailed) pada kelas eksperimen sebesar 0.23 pada kelas kontrol memperoleh 0.22, karena keduanya > 0.05 maka terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode brainstorming dengan siswa yang diajarkan dengan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 1 Sawoo Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aries Fitriani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2024 02:54
Last Modified: 25 Nov 2024 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30340

Actions (login required)

View Item View Item