Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal di MI Ma’arif Polorejo, Babadan, Ponorogo

Anggraini, Sofia (2024) Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal di MI Ma’arif Polorejo, Babadan, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200112_Sofia Anggraini_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anggraini, Sofia. 2024. Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal di MI Ma’arif Polorejo, Babadan, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Kecerdasan Interpersonal, MI Ma’arif
Berbicara termasuk aktivitas kehidupan sehari-hari yang sangat penting bagi seorang siswa, sebab dengan berbicara siswa dapat melakukan komunikasi dan mengekspresikan perasaan saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan keterampilan berbicara yang baik, siswa mampu berinteraksi dengan orang di sekitarnya. Kecerdasan interpersonal siswa menjadi hal penting untuk mendukung keterampilan berbicara siswa. Berbagai penelitian terkait dengan keterampilan berbicara telah banyak dilakukan, namun belum ada yang mengambil fokus pada tingkat kecerdasan interpersonal.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) keterampilan berbicara siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo, Babadan, Ponorogo ditinjau dari kecerdasan interpersonal tinggi; (2) keterampilan berbicara siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo, Babadan, Ponorogo ditinjau dari kecerdasan interpersonal sedang; dan (3) keterampilan berbicara siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo, Babadan, Ponorogo ditinjau dari kecerdasan interpersonal rendah.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) Keterampilan berbicara siswa ditinjau dari kecerdasan interpersonal tinggi di kelas V MI Ma’arif Polorejo, Babadan, Ponorogo, terdapat 4 siswa masuk dalam kategori kecerdasan interpersonal tinggi memiliki keterampilan berbicara yang baik. (2) Keterampilan berbicara siswa ditinjau dari kecerdasan interpersonal sedang di kelas V MI Ma’arif Polorejo, Babadan, Ponorogo, terdapat 15 siswa masuk dalam kategori kecerdasan interpersonal sedang memiliki keterampilan berbicara yang berbeda, yaitu cukup baik dan kurang. Dari 15 siswa di antaranya 11 siswa memiliki keterampilan berbicara yang cukup baik dan 4 siswa lainnya memiliki keterampilan berbicara yang kurang. (3) Keterampilan berbicara siswa ditinjau dari kecerdasan interpersonal rendah di kelas V MI Ma’arif Polorejo, Babadan, Ponorogo, terdapat 4 siswa masuk dalam kategori kecerdasan interpersonal rendah memiliki keterampilan berbicara yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2024 02:53
Last Modified: 25 Nov 2024 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30339

Actions (login required)

View Item View Item