Efektivitas Penggunaan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas X MAN Pacitan

Malena, Fatma (2024) Efektivitas Penggunaan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas X MAN Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200290_Fatma Malena_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Minat merupakan kondisi dimana terdapat rasa ingin dan terpengaruh pada suatu objek maupun topik tertentu dan akan bisa berjalan dalam jangka panjang untuk terlibat terus menerus. Dalam lingkup pendidikan minat belajar harus ada, tumbuh dan berkembang pada diri peserta didik. Namun, minat belajar khususnya pendidikan Islam mulai menurun, maka perlu dilakukan upaya peningkatan minat belajar siswa melalui penggunaan ice breaking dalam pembelajaran.
Diperlukan penyelarasan antara pengajaran dengan kebutuhan siswa dengan menciptakan susana belajar yang menarik dan menyenangkan. Salah satunya dengan penggunaan ice breaking dalam pembelajaran. Penggunaan ice breaking diharapakan mampu memberikan suasana yang menyenangkan bagi siswa pada proses pembelajaran. Adapun dalam penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan ice breaking terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada kelas X MAN Pacitan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Penelitian quasi eksperimen dilakukan dengan membandingkan dua kelompok yaitu kelompok yang diberi perlakukan (kelompok eksperimen) dan kelompok yang tidak diberi perlakuan (kelompok kontrol). Data diperoleh dengan penyebaran angket untuk membandingkan hasil data sebelum dan sesudah adanya perlakuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan penilaian beberapa karakteristik anggota populasi yang disesuaikan dengan maksud penelitian. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X 5 dan X 6. Teknik analisis data menggunakan pengujian uji t yaitu independent sample t-test.
Hasil penelitian yaitu pada perolehan N-gain kelas eksperimen sebesar 51,23 % termasuk kategori kurang efektif sedangkan kelas kontrol sebesar 23,49 % termasuk kategori tidak efektif. Selanjutnya dari perolehan dari hasil uji Independent Sample Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Maka dapat diuraikan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Diartikan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan ice breaking efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X di MAN Pacitan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2024 02:52
Last Modified: 25 Nov 2024 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30338

Actions (login required)

View Item View Item