Kurniawati, Septiana Dwi (2024) Peran Guru Kelas V dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa melalui P5PPRA di MIN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203190180_SEPTIANA DWI KURNIAWATI_PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan sebagai usaha dasar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat,
dan pemerintah, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan, yang
berlangsung di sekolah atau di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan
siswa agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara
tepat di masa yang akan datang. Pendidikan sebagai kunci bagi para penerus
bangsa untuk dapat bertahan di masa depan. Guru sebagai ujung tombak
pendidikan harus mampu menghadirkan pendidikan yang dapat mengatasi
tantangan pada masa depan. Salah satunya adalah dengan cara mengembangkan
kreativitas siswa. Kreativitas dapat berupa kegiatan imajinatif atau sintesis
pemikiran yang hasilnya bukan hanya rangkuman, bisa mencakup pembentukan
pola-pola baru dan gabungan informasi yang diperoleh dari pengalaman
sebelumnya serta adanya hubungan lama ke situasi baru dan mencakup
pembentukan korelasi baru.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peran guru sebagai
motivator dalam mengembangkan kreativitas siswa melalui P5PPRA di MIN 4
Ponorogo, (2) peran guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan kreativitas
siswa melalui P5PPRA di MIN 4 Ponorogo, dan (3) peran guru sebagai pembina
dalam mengembangkan kreativitas siswa melalui P5PRA di MIN 4 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di MIN 4 Ponorogo.
Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) peran guru sebagai motivator dalam
mengembangkan kreativitas siswa melalui P5PPRA di MIN 4 Ponorogo yaitu
memberikan dorongan yang berkelanjutan melalui umpan balik positif,
menjelaskan manfaat, dan menciptakan suasana kelas yang mendukung. Hasilnya,
motivasi siswa untuk belajar meningkat signifikan, terlihat dari partisipasi aktif
mereka dalam proyek P5PPRA, (2) peran guru sebagai fasilitator dalam
mengembangkan kreativitas siswa melalui P5PPRA di MIN 4 Ponorogo yaitu
menyediakan alat dan media pembelajaran yang sesuai serta menciptakan
lingkungan belajar yang kondusif, membantu siswa dalam mengeksplorasi ide-ide
kreatif melalui metode pembelajaran yang bervariasi. Pendekatan berbasis proyek
melatih siswa belajar secara mandiri, berkolaborasi, dan berinovasi, dengan
dukungan yang terus menerus dari guru, dan (3) peran guru sebagai pembina
dalam mengembangkan kreativitas siswa melalui P5PPRA di MIN 4 Ponorogo
yaitu membimbing siswa dalam setiap tahap proyek, memberikan arahan yang
jelas dan mendorong adanya rasa saling percaya antar siswa, membantu siswa
berpikir kritis dan kreatif serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi
tantangan dengan kemandirian dan tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Lia Amalia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:46 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:46 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30330 |
Actions (login required)
View Item |