Ilmpelentasi Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Dalam Meningkatkan Religius Siswa di SMAN 1 Badegan Ponorogo

Majid, Mohamad Mas Arrun Al (2024) Ilmpelentasi Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Dalam Meningkatkan Religius Siswa di SMAN 1 Badegan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200130_Mohamad Mas Arrun Al Majid_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang belum memahami arti kekeluargaan, siswa yang masih sering melanggar aturan atau tata tertib sekolah, keributan antar siswa, kurangnya moral dan etika sesama teman dan bapak ibu guru. Hal ini perlu diperhatikan oleh bapak dan ibu guru bagaimana agar siswa dapat terarah menjadi lebih baik yaitu dengan diterapkannya pembiasaan membaca asmaul husna dan bimbingan moral agar siswa memiliki karakter yang baik.
Tujuan penelitian ini untuk (1) menjelaskan latar belakang pelaksaanaan program pembiasaan membaca asmaul husna di SMAN 1 Badegan; (2) menjelaskan sistem pelaksanaan pembiasaan membaca asmaul husna di SMAN 1 Badegan; (3) menjelaskan dampak pembiasaan membaca asmaul husna terhadap religiusitas siswa di SMAN 1 Badegan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Mengambil objek penelitian di SMAN 1 Badegan Ponorogo, subjek penelitian yaitu siswa kelas 10,11,12. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasi berasal dari siswa dan guru pendidikan agama islam dan bapak kepala sekolah. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interakif yang di introdusir oleh Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian (1) kegiatan pembiasaan membaca asmaul husna di SMAN 1 Badegan didasari dengan banyaknya siswa yang belum memahami arti kekeluargaan, siswa masih sering melanggar aturan atau tata tertib sekolah, sering terjadi keributan antar siswa, terlebih juga terdapat kasus siswa yang mengalami kerasukan atau kesurupan; (2) kegiatan ini dirumuskan melalui rapat koordinasi oleh seluruh dewan guru sampai bapak kepala sekolah, pelaksanaan kegiatan ini dilakukan setiap hari pukul 07.00 – 07.30 WIB sebelum dimulainya kegiatan belajar mengajar dengan fasilitas speaker pengeras suara dan selembaran lafadz asmaul husna, evalusai kegiatan ini dilakukan setiap 2 bulan sekali. untuk mengetahui perkembangan keadaan siswa dalam memahami makna asmaul husna; (3) dampak pembiasaan membaca asmaul husna terhadap religiusitas siswa di SMAN 1 Badegan sangat baik. Siswa lebih agamis dari sebelumnya, siswa dapat memahami arti dari asmaul husna, dan meningkatan kesadaran serta keterlibatan dalam kegiatan keagamaan maupun perilaku pada kehidupan sehari-hari. Dampaknya bagi sekolah meningkatkan nuansa religius susana sekolah semakin asri dan tentram. Dan dampak bagi warga sekolah juga sangat baik dan terarah, dapat menumbuhkan rasa saling menghargai, tolong menolong sesama siswa baik antar kelas X, XI, dan XII.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2024 02:43
Last Modified: 25 Nov 2024 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30329

Actions (login required)

View Item View Item