Ariska, Faradila Ayu (2024) Pembiasaan Menghafal Asmaul Husna Melalui Metode Gerak Tangan Dan Lagu Dalam Mengembangkan Karakter Religius Anak Kelompok B2 Di TKIT Qurrota A'yun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
205200010_FARADILA AYU ARISKA_PIAUD.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Karakter religius adalah suatu sifat yang melekat pada diri seseorang atau benda yang menunjukkan identitas, ciri, kepatuhan ataupun pesan keislaman. Untuk membentuk karakter tersebut maka perlu menggunakan metode yang tepat yaitu dengan metode pembiasaan. TKIT Qurrota A’yun Ponorogo menggunakan metode gerak tangan dan lagu untuk pembiasaan menghafal asmaul husna. Melalui pembiasaan ini anak dapat memenuhi perkembangan karakter religiusnya baik secara dasar maupun kompleks, sesuai dengan indikator yang ada pada perkembangan karakter religius.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan metode gerak tangan dan lagu dalam menghafal asmaul husna di TKIT Qurrota A’yun Ponorogo; 2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pengembangan karakter religius anak melalui pembiasaan menghafal asmaul husna dengan metode gerak tangan dan lagu di kelompok B2 TKIT Qurrota A’yun Ponorogo; dan 3) mengetahui capaian pengembangan karakter religius anak dalam menghafal asmaul husna dengan metode gerak tangan dan lagu di TKIT Qurrota A’yun Ponorogo;
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah kepala sekolah, wali kelas, siswa siswi kelompok B2 TKIT Qurrota A’yun Ponorogo. Dengan Teknik analisis data menggunakan konsep Miles dan Hubarman yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode gerak tangan dan lagu dalam menghafal asmaul husna di TKIT Qurrota A’yun Ponorogo dilakukan setiap hari Senin sampai Jum’at dan termasuk dalam kegiatan pembiasaan. Kegiatan pembelajaran setiap harinya mengacu pada modul ajar dan RPPH yang disusun dan dikembangkan oleh guru wali kelas. Kegiatan ini dilakukan secara demonstrasi bersama-sama dengan guru. 2) Faktor pendukung dan penghambat dapat dilihat dari : (a) siswa; (b) lingkungan keluarga; (c) lingkungan sekolah; dan (d) sarana prasarana sekolah. 2) Capaian pengembangan karakter religius anak melalui pembiasaan menghafal asmaul husna dengan metode gerak tangan dan lagu telah berhasil dilaksanakan. Hal ini dibuktikan dengan sebagian besar anak di kelompok B2 memahami dan hafal asma serta artinya dengan baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ratna Nila Puspitasari |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:39 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:39 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30324 |
Actions (login required)
View Item |