Novitasari, Ardita (2024) NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM NOVEL MERINDU BAGINDA NABI KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PAI SMA KELAS X. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200245_Ardita Novitasari_PAI.pdf Download (979kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Novitasari, Ardita. 2024. Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El-Shirazy dan Relevansinya dengan Materi PAI SMA Kelas X. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Berlian Pancarrani, M.Pd.
Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Novel Merindu Baginda Nabi, PAI SMA Kelas X
Pendidikan di era modern tidak hanya berfokus pada pencapaian kompetensi akademik, tetapi juga pada pengembangan karakter yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila, mengingat tantangan degradasi moral yang sering terjadi di kalangan pelajar. Pada tahap remaja, khususnya di kelas X SMA, pembentukan karakter menjadi hal yang krusial dan dapat diperkuat melalui berbagai media belajar, salah satunya adalah novel pendidikan, seperti Merindu Baginda Nabi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang terkandung dalam novel Merindu Baginda Nabi, dan (2) relevansi nilai-nilai tersebut dengan materi PAI di kelas X SMA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menghasilkan data deskriptif. Penelitian ini adalah penelitian pustaka, di mana data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur dengan menggunakan teknik dokumentasi kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam novel Merindu Baginda Nabi, yaitu: (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, yang diwujudkan dalam akhlak beragama, akhlak pribadi, dan akhlak terhadap sesama; (2) berkebhinekaan global, yang diwujudkan dalam sikap menghargai budaya, komunikasi antarbudaya, refleksi terhadap pengalaman kebhinekaan, dan berkeadilan sosial; (3) gotong royong, yang diwujudkan dalam bentuk kolaborasi, kepedulian, dan berbagi; (4) mandiri, yang mencakup pemahaman diri dan regulasi diri (5) kreatif, yang tercermin dalam kemampuan menghasilkan gagasan orisinal, karya orisinil dan keluwesan berpikir. Penelitian ini juga menemukan relevansi nilai-nilai Profi Pelajar Pancasila dalam novel Merindu Baginda Nabi dengan materi PAI kelas X SMA, yang tercermin dalam empat dimensi, yaitu: (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, yang relevan dengan materi syua’bul iman, perilaku kontrol diri, dan menghindari sifat hasad; (2) berkebhinekaan global, yang relevan dengan materi masuknya Islam di Indonesia, keteladanan ulama penyebar Islam di Indonesia, serta metode dakwah Wali Songo; (3) mandiri, yang relevan dengan materi etos kerja dan pengendalian diri; dan (4) kreatif, yang relevan dengan pembahasan tentang peran Wali Songo dalam penyebaran Islam di Nusantara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Merindu Baginda Nabi dapat dijadikan sebagai media yang efektif untuk pembelajaran karakter berbasis nilai-nilai Pancasila dalam Pendidikan Agama Islam di kelas X SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:37 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:37 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30321 |
Actions (login required)
View Item |