Kusuma, Moch Dimas Wahyu (2024) Implementasi Metode Baghdadiyah dalam Pembelajaran Al-Qur'an di Madrasah Hasan Turonggo Kebonsari Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200129 MOCH DIMAS WAHYU KUSUMA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kusuma, Moch Dimas Wahyu. 2024. Implementasi Metode Baghdadiyah dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Hasan Turonggo Kebonsari Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ju’suabaidi, M.Ag.
Kata Kunci : Implementasi, Metode Baghdadiyah, Pembelajaran Al-Qur’an
Metode Baghdadiyah merupakan metode pembelajaran guna mengembangkan metode dan strategi untuk mencapai keberhasilan dalam pengembangan membaca Al-Qur’an. Metode baghdadiyah memiliki kandungan makna bahwa dalam pembelajaran tersebut ada kegiatan memilih, menetapkan, dan mengembangkan metode atau strategi yang optimal untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan, dengan metode baghdadiyah di mana peseta didik menghadap pendidik satu persatu secara bergantian.
Tujuan Penelitian ini adalah ; (1) Menjelaskan langkah-langkah pelaksanaan metode baghdadiyah dalam pembelajaran Al-Qur’an, (2) Menjelaskan hasil penerapan metode baghdadiyah dalam pembelajaran Al-Qur’an, (3) Menjelaskan dampak implementasi metode baghdadiyah dalam pembelajaran Al-Qur’an, di Madrasah Hasan Turonggo Kebonsari Madiun.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mengambil objek penelitian di Madrasah Hasan Turonggo Kebonsari Madiun. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informasi berasal dari peseta didik dan pendidik pembimbing membaca Al-Qur’an menggunakan metode baghdadiyah. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Teknik analisis data Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verification.
Hasil penelitian menjelaskan (1) Langkah-langkah pelaksanaan metode baghdadiyah terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, kegitan evaluasi dan kegiatan penutup. (2) Penerapan metode baghdadiyah dalam pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Hasan Turonggo Kebonsari Madiun, peserta didik dapat memahami Al-Qur’an dengan benar. Akan tetapi juga sebagian peseta didik ada yang belum faham dalam pembelajaran Al-Qur’annya, materi atau pelajaran dalam pembelajaran Al-Qur'an, meliputi: pengenalan huruf hijaiyah, cara membunyikan huruf hijaiyah dan ilmu makhraj, bentuk dan fungsi tanda baca waqof , bentuk dan fungsi dari tanda baca lainnya. (3) Dampak Implementasi metode baghdadiyah adalah peseta didik dapat melafalkan Al-Qur’an sesuai dengan makharijul hurufnya dan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, serta melatih ejaan huruf-huruf yang ada di Al-Qur’an. Dan diharapkan menghasilkan peseta didik yang beriman dan bertakwa pada Allah, mampu membaca Al-Qur’an dengan benar, mendirikan sholat, penguasaan dan hafalan Surah Juz 30 yang kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ju'subaidi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:30 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:30 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30316 |
Actions (login required)
View Item |