Alhasan, Muhammad Thoriq (2024) Implementasi Konsep Pemikiran al-Ghazali tentang Adab Guru dan Murid dalam Relasi Guru dan Murid di SMPN 11 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200350_MUHAMMAD THORIQ ALHASAN_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Al Hasan, Muhammad Thoriq. 2024. Implementasi Konsep Pemikiran al-Ghazali tentang Adab Guru dan Murid dalam Relasi Guru dan Murid di SMPN 11 Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Nur Kolis., Ph.D.
Kata Kunci: Pemikiran al-Ghazali, Adab Guru dan Murid, Relasi Guru dan Murid
Pada zaman sekarang banyak guru dan murid yang tidak bisa menjalin relasi dengan baik. Relasi yang tidak terjalin dengan baik tersebut diakibatkan karena kurangnya pemahaman tentang adab guru dan murid dalam suatu proses pembelajaran. Mereka hanya fokus dalam belajar dan mengajar tanpa mengetahui pentingnya sebuah adab yang dapat membangun relasi yang baik. Berkaitan dengan masalah tersebut Imam al-Ghazali menjelaskan dalam kitabnya tentang adab seorang guru dan murid
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui relasi guru dan murid di SMPN 11 Kota Madiun, (2) mengetahui implementasi pemikiran al-Ghazali tentang SMPN 11 Kota Madiun, dan (3) mengetahui dampak implementasi konsep al-Ghazali tentang adab guru dan murid pada relasi guru dan murid di SMPN 11 Kota Madiun
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data primer yakni beberapa guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 11 Kota Madiun. Teknik pengumpulan data penelitian inimenggunakancara observasi, dokumentasi dan wawancara
Penelitian ini menghasilkan (1) Relasi guru dan murid di SMPN 11 kota Madiun dibagi menjadi dua. Pertama, adalah relasi komunal ketika berada di luar pembelajaran misalnya ketika di kantin atau di perpustakaan. Namun relasi komunal kadang juga terjadi dalam proses pembelajaran. Kedua, adalah relasi hirearkis ketika dalam proses pembelajaran guru di SMPN 11 Kota Madiun memposisikan diri sebagai orang tua murid yang harus dihormati dan begitu juga sebaliknya(2) Implementasi konsep pemikiran al-Ghazali tentang adab guru dan murid di SMPN 11 kota Madiun. Dalam adab guru dan murid yang disebutkan oleh imam al-Ghazali dapat diimplementasikan baik di dalam maupun di luar pembelajaran (3) Dampak implementasi konsep al-Ghazali tentang adab guru dan murid pada relasi guru dan murid di SMPN 11 Kota Madiun.Dampaknya ada lima. Pertama guru jadi lebih peduli terhadap proses pembelajaran. Kedua guru dapat meningkatkan motivasi dan semangat dalam proses pembelajaran. Ketiga guru dapat merespon dan menerima keberagaman muridnya. Keempat menjadikan murid lebih patuh terhadap instruksi guru. Kelima guru dapat mendorong dengan baik kreativitas peserta didik (tanggap individual).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nur Kolis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:28 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:28 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30315 |
Actions (login required)
View Item |