Hakim, Halim (2024) Implementasi Total Quality Management dalam Meningkatkan Mutu Program Tahfiz al-Qur'an di MAN 2 Ponorogo. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
SKRIPSI_Halim Ibnu Hakim_206200024.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Abstrak : Hakim, Halim Ibnu. 2024. Implementasi Total Quality Management dalam Meningkatkan Mutu Program Tahfiz al-Qur’an di MAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing : Dian Pratiwi, S.E, M.M.
Kata Kunci : Implementasi, Total Quality Management, Program Tahfiz
Pendidikan adalah investasi yang sangat penting untuk pembangunan bangsa, di mana kualitas sumber daya manusia dan mutu pendidikan sangat berperan dalam kemajuan suatu negara. Total Quality Management adalah pendekatan manajerial yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan melalui perbaikan berkelanjutan, penetapan standar mutu, dan kepuasan pelanggan. Meskipun penerapan Total Quality Management masih jarang khususnya di program tahfiz Al-Qur’an, tetapi konsep ini dapat membantu lembaga pendidikan dalam mencapai standar tinggi, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dan memenuhi harapan masyarakat. Dengan implementasi Total Quality Management, lembaga pendidikan dapat memperbaiki kualitas pengajaran, manajemen, dan layanan, memastikan lulusan siap bersaing secara global dan berkontribusi positif bagi masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis (1) Bagaimana penerapan total quality management dalam meningkatkan mutu program tahfiz Al-Qur’an di MAN 2 Ponorogo. (2) Bagaimana dampak implementasi total quality management dalam peningkatkan mutu program tahfiz Al-Qur’an di MAN 2 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan bentuk desain jenis deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Penanggungjawab Program Tahfiz, Siswa Tahfiz dan Wali Siswa Tahfiz MAN 2 Ponorogo. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) Program tahfiz Al-Qur'an di MAN 2 Ponorogo telah berhasil menerapkan Total Quality Management sebagai pendekatan manajerial yang berfokus pada perbaikan berkelanjutan dan peningkatan kualitas pendidikan. Pendekatan komprehensif ini melibatkan kualifikasi guru, evaluasi berkala, metode pembelajaran efektif, serta partisipasi aktif siswa. Perubahan organisasi, seperti penambahan koordinator dan peningkatan kewenangan, meningkatkan efisiensi pengelolaan. Hubungan baik dengan pelanggan dijaga melalui komunikasi terbuka, kolaborasi eksternal, dan keterlibatan orang tua, yang mendukung kepuasan dan keberlanjutan program.(2) Implementasi Total Quality Management pada program tahfiz Al-Qur'an di MAN 2 Ponorogo berdampak signifikan pada peningkatan jumlah dan prestasi siswa. TQM tidak hanya meningkatkan jumlah siswa tahfiz setiap tahun, tetapi juga mengintegrasikan hafalan dengan pemahaman ilmiah, menjadikan MAN 2 Ponorogo sebagai pusat tahfiz unggul dan lembaga pendidikan berprestasi tinggi.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dian Pratiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:10 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:10 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30305 |
Actions (login required)
View Item |