Pengembangan Media Big Book Bermuatan Nilai Karakter Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I SD/MI

Khasanah, Siti Halimatun Nurul (2024) Pengembangan Media Big Book Bermuatan Nilai Karakter Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200242 SITI HALIMATUN NURUL KHASANAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pentingnya pendidikan karakter di kelas awal berpengaruh pada proses perkembangan siswa. Pendidikan karakter dapat disalurkan melalui sebuah bacaan atau cerita, dengan begitu siswa dapat memperoleh pembelajaran berupa nilai karakter dan juga kegiatan membaca yang dapat menunjang keterampilan siswa dalam membaca. Inovasi pengembangan media big book bermuatan nilai karakter merupakan media pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan, serta menanamkan nilai karakter yang dikemas dengan gambar dan cerita yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengembangan Media Big Book bermuatan nilai karakter untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I, (2) menjelaskan respon peserta didik dalam pengembangan Media Big Book bermuatan nilai karakter, (3) mendeskripsikan efektivitas pengembangan Media Big Book bermuatan nilai karakter untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pengembangan atau Research dan Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan di antaranya; Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Al-Hikmah Jonggol Ponorogo. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif dianalisis menggunakan rumus percentages correction dan paired sample t-test.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa berdasarkan hasil uji validasi ahli, penilaian media Big Book aspek media memperoleh nilai rata-rata 87,1%, aspek materi mendapatakan rata-rata 92,8%. Sehingga, hasil nilai rata-rata kedua aspek Big Book berdasarkan validasi ahli sebesar 89,95%. Sementara itu, hasil rata-rata angket respon siswa sebesar 97,6%. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus Paired Sample t-test menunjukkan bahwa nilai probabilitas (Sig) 0,000 yang artinya memiliki tingkat kesalahan ≤ 0,05, yang artinya terdapat perbedaan keterampilan membaca siswa kelas I sebelum dan sesudah digunakannya media Big Book. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dikategorikan sangat layak dan media Big Book bermuatan nilai karakter efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I MI Al-Hikmah Jonggol Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2024 02:08
Last Modified: 25 Nov 2024 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30302

Actions (login required)

View Item View Item