Implementasi Kegiatan Diklat Karya Tulis Ilmiah Untuk Menumbuhkan Kemampuan Literasi PAI Siswa Di MA Darul Huda Mayak

Aini, Eka Rizky Nurul (2024) Implementasi Kegiatan Diklat Karya Tulis Ilmiah Untuk Menumbuhkan Kemampuan Literasi PAI Siswa Di MA Darul Huda Mayak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201200060_Eka Rizky Nurul Aini_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Implementasi program ini menekankan pentingnya literasi PAI dan kemampuan dalam mengembangkan program yang efektif dan efisien. Diklat karya tulis ilmiah memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kemampuan literasi PAI siswa. Dalam konteks pendidikan, kemampuan literasi PAI merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai prestasi akademik maupun kesuksesan di masa depan. Pendidikan merupakan landasan utama dalam pembentukan karakter dan kompetensi individu untuk menghadapi tantangan di era globalisasi saat ini. Kemampuan menulis karya ilmiah menjadi keterampilan kunci yang harus dikuasai oleh siswa, terutama di tingkat pendidikan menengah. Penulisan paper ini bertujuan untuk memberikan dasar-dasar pengertian, pengetahuan, dan kecakapan dalam memecahkan masalah di bidang masing-masing secara ilmiah serta mengkomunikasikan proses dan hasil secara efektif serta memupuk keuletan, literasi PAI, serta bersikap positif dalam melakukan kegiatan-kegiatan.program ini tidak hanya meningkatkan kemampuan peserta didik secara teoritis, tetapi juga secara praktis melalui pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan dalam konnteks ajaran islam. Ini meliputi kemampuan membaca, menulis memahami, dan mengaplikasikan nilai-nilai dan prinsip agama dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan yang ingin dicaPAI dalam penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan tentang Diklat karya tulis ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan literasi PAI siswa di MA Darul Huda Mayak, (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Diklat karya tulis ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan literasi PAI siswa MA Darul Huda Mayak, (3) Untuk mengetahui dampak dari implementasi diklat karya tulis ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan literasi PAI siswa MA Darul Huda Mayak.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan keputusan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) dalam pengeimplementasian ini banyak yang harus disiapkan terutama madrasah memberikan buku pedoman untuk masing-masing siswa, memberikan materi yang dipresentasikan oleh panitia, memberikan moitivasi kepada siswa, (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Diklat karya tulis ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan literasi PAI siswa MA Darul Huda Mayak yaitu madrsah menyediakn buku di perpustakaan agar siswa mudah mencari referensi untuk faktor penghambatnya banyak siswa yang malas mengerjakan, ada juga siswa yang kurang paham materi paper jadi guru harus membantu, (3) Diklat karya tulis ilmiah di MA Darul Huda Mayak meningkatkan kemampuan menulis dan semangat belajar PAI siswa, dengan peningkatan motivasi dan kepercayaan diri. Meskipun ada tantangan, diklat ini berkontribusi positif terhadap literasi PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2024 02:06
Last Modified: 25 Nov 2024 02:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30301

Actions (login required)

View Item View Item