Jalil, Abdul (2024) Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X di MA AL-Mujaddadiyyah Demangan Taman Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI ABDUL JALIL_ETHESIS.pdf Download (834kB) | Preview |
Abstract
Jalil, Abdul. 2024. Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X Di MA Al-Mujaddadiyyah Kota Madiun Skripsi.
Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Erwin Yudi Prahara,
M.Ag.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Fikih, Madrasah, Problematika, Penerapan
Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan baru dalam pendidikan Indonesia
yang memberikan otonomi lebih kepada sekolah dan guru dalam merancang
pembelajaran. Kebijakan ini membawa perubahan signifikan dalam berbagai
aspek pendidikan, termasuk dalam mata pelajaran fikih. Namun, penerapan
Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran fikih kelas X di MA Al-Mujaddadiyyah
kota madiun masih menghadapi berbagai problematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan problematika
dalam penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran fikih kelas X di MA
Al-Mujaddadiyyah. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan kontribusi
solusi untuk mengatasi problematika yang ditemukan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis
data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan Kurikulum Merdeka
pada mata pelajaran fikih kelas X di MA Al-Mujaddadiyyah. Penerapan
Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran fikih kelas X di MA Al-Mujaddadiyyah
membutuhkan persiapan matang dari para guru. Hal ini dibuktikan dengan
pentingnya mengikuti pelatihan atau workshop. Kegiatan ini bertujuan untuk
memperdalam pemahaman guru terhadap konsep Kurikulum Merdeka. (2)
Problematika yang Dihadapi guru fikih dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di
MA Al-Mujaddadiyyah kota Madiun. Problematika utama yang dihadapi adalah
kurangnya pemahaman guru terkait Kurikulum Merdeka. keterbatasan alat peraga
dan sarana prasarana juga menjadi kendala dalam pelaksanaan Kurikulum
Merdeka. Terakhir, belum terlaksananya pembelajaran berpusat pada peserta didik
(P5) Rahmatan Lil Alamin juga menjadi problematika yang dihadapi. (3) Upaya
atau solusi yag di lakukan guru fikih untuk Mengatasi Problematika penerapan
kurikulum merdeka di MA Al-Mujaddadiyyah dengan mengikuti workshop yang
diadakan oleh madrasah dan pemerintah terkait. Selanjutnya dengan melakukan
pengadaan alat peraga dan sarana prasarana sesuai kebutuhan untuk mendukung
pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Upaya terakhir adalah dengan melakukan
pelatihan kepada guru tentang P5 Rahmatan Lil Alamin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Erwin Yudi Prahara |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 08:25 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 08:25 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30297 |
Actions (login required)
View Item |