Manajemen Kurikulum Berbasis Pondok Pesantren: Studi Kasus di Madrasah Aliyah Sedah Jenangan Ponorogo‎

Hariri, Taufik (2024) Manajemen Kurikulum Berbasis Pondok Pesantren: Studi Kasus di Madrasah Aliyah Sedah Jenangan Ponorogo‎. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206200154 TAUFIK HARIRI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hariri, Taufik. 2024. Manajemen Kurikulum Berbasis Pondok Pesantren di MA ‎Sedah Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan ‎Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam ‎Negeri Ponorogo, pembimbing: Afni Ma’rufah M.Pd.‎
Kata kunci: Manajemen, kurikulum, pondok pesantren.‎
Salah satu tujuan pendidikan adalah untuk menghasilkan generasi bangsa ‎yang memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai kepribadian bangsa. Namun, ‎saat ini, kasus kriminal yang dilakukan oleh pelajar di Indonesia semakin sering ‎terjadi dan menjadi perhatian publik. Hal ini menunjukkan menurunnya ‎penghayatan masyarakat terhadap pendidikan berbasis karakter, dan sekaligus ‎menjadi peringatan bagi semua pendidik untuk terus meningkatkan dan ‎mengembangkan pendidikan yang berfokus pada pembentukan karakter. Sebagai ‎institusi pendidikan Islam, MA Sedah Jenangan Ponorogo telah mengadopsi ‎pembelajaran sesuai dengan kurikulum, termasuk kurikulum nasional dan ‎kurikulum pondok (kitab kuning). Secara keseluruhan, madrasah ini berpotensi ‎untuk menghasilkan generasi yang taat beragama dan memiliki potensi untuk ‎menjadi pemimpin dalam masyarakat.‎
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana ‎perencanaan kurikulum berbasis pondok pesantren di MA Sedah Jenangan ‎Ponorogo? 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum berbasis pondok pesantren di ‎MA Sedah Jenangan Ponorogo? 3) Bagaimana evaluasi kurikulum berbasis ‎pondok pesantren di MA Sedah Jenangan Ponorogo. ‎
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. Subyek ‎penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala bagian kurikulum, ‎koordinator kurikulum pondok pesantren, dan siswa. Metode pengumpulan data ‎penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis ‎data dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan ‎kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan dengan teknik ketekunan pengamatan ‎dan triangulasi.‎
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ‎pertama perencanaan kurikulum berbasis pondok pesantren di MA Sedah ‎Jenangan Ponorogo dilakukan didasarkan pada kebijakan pemerintah ‎Kementerian Agama Republik Indonesia, yang mencakup identifikasi tujuan dan ‎visi kurikulum, seleksi materi dan metode pembelajaran yang sesuai, ‎pengembangan kurikulum tambahan berbasis agama atau pondok pesantren, dan ‎perancangan strategi evaluasi yang sesuai. Kedua pelaksanaan kurikulum ‎berbasis pondok pesantren di MA Sedah Jenangan Ponorogo, yaitu ‎menggabungkan antara kurikulum nasional (kurikulum 2013) dan kurikulum ‎Kitab Kuning (pondok pesantren) yaitu menerapkan kurikulum berbasis pondok ‎pesantren dengan menggunakan metode salafiyah yang diadopsi dari pondok ‎pesantren. Ketiga Evaluasi kurikulum berbasis pondok pesantren di MA Sedah ‎Jenangan Ponorogo dilakukan dengan perencanaan evaluasi, pengumpulan data, ‎membuat rekomendasi dan perbaikan kurikulum, implementasi hasil evaluasi, ‎pelaporan hasil evaluasi.‎

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afni Ma'ruah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2024 06:39
Last Modified: 22 Nov 2024 06:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30288

Actions (login required)

View Item View Item