Hariri, Taufik (2024) Manajemen Kurikulum Berbasis Pondok Pesantren: Studi Kasus di Madrasah Aliyah Sedah Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206200154 TAUFIK HARIRI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Hariri, Taufik. 2024. Manajemen Kurikulum Berbasis Pondok Pesantren di MA Sedah Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, pembimbing: Afni Ma’rufah M.Pd.
Kata kunci: Manajemen, kurikulum, pondok pesantren.
Salah satu tujuan pendidikan adalah untuk menghasilkan generasi bangsa yang memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai kepribadian bangsa. Namun, saat ini, kasus kriminal yang dilakukan oleh pelajar di Indonesia semakin sering terjadi dan menjadi perhatian publik. Hal ini menunjukkan menurunnya penghayatan masyarakat terhadap pendidikan berbasis karakter, dan sekaligus menjadi peringatan bagi semua pendidik untuk terus meningkatkan dan mengembangkan pendidikan yang berfokus pada pembentukan karakter. Sebagai institusi pendidikan Islam, MA Sedah Jenangan Ponorogo telah mengadopsi pembelajaran sesuai dengan kurikulum, termasuk kurikulum nasional dan kurikulum pondok (kitab kuning). Secara keseluruhan, madrasah ini berpotensi untuk menghasilkan generasi yang taat beragama dan memiliki potensi untuk menjadi pemimpin dalam masyarakat.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana perencanaan kurikulum berbasis pondok pesantren di MA Sedah Jenangan Ponorogo? 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum berbasis pondok pesantren di MA Sedah Jenangan Ponorogo? 3) Bagaimana evaluasi kurikulum berbasis pondok pesantren di MA Sedah Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala bagian kurikulum, koordinator kurikulum pondok pesantren, dan siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan dengan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pertama perencanaan kurikulum berbasis pondok pesantren di MA Sedah Jenangan Ponorogo dilakukan didasarkan pada kebijakan pemerintah Kementerian Agama Republik Indonesia, yang mencakup identifikasi tujuan dan visi kurikulum, seleksi materi dan metode pembelajaran yang sesuai, pengembangan kurikulum tambahan berbasis agama atau pondok pesantren, dan perancangan strategi evaluasi yang sesuai. Kedua pelaksanaan kurikulum berbasis pondok pesantren di MA Sedah Jenangan Ponorogo, yaitu menggabungkan antara kurikulum nasional (kurikulum 2013) dan kurikulum Kitab Kuning (pondok pesantren) yaitu menerapkan kurikulum berbasis pondok pesantren dengan menggunakan metode salafiyah yang diadopsi dari pondok pesantren. Ketiga Evaluasi kurikulum berbasis pondok pesantren di MA Sedah Jenangan Ponorogo dilakukan dengan perencanaan evaluasi, pengumpulan data, membuat rekomendasi dan perbaikan kurikulum, implementasi hasil evaluasi, pelaporan hasil evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Afni Ma'ruah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 06:39 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 06:39 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30288 |
Actions (login required)
View Item |