Anjani, Haris Sabita (2024) UPAYA MEMBENTUK MORAL SISWA MELALUI IMPLEMENTASI LITERASI BACA TULIS PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI MA’ARIF BAHRUL ULUM KEPUHRUBUH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200050_HARIS SABITA ANJANI_PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Anjani, Haris Sabita. 2024. Upaya Membentuk Moral Siswa Melalui Implementasi Literasi Baca Tulis Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di MI Ma’arif Bahrul Ulum Kepuhrubuh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: M. Fathurahman, M.Pd.
Kata Kunci: Moral, Literasi, Pembelajaran Akidah Akhlak
Kegiatan literasi baca tulis pada Pelajaran akidah akhlak untuk membentuk moral siswa di MI Ma’rif Bahrul Ulum Kepuhrubuh merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melihat perkembangan zaman pada saat ini pergaulan menjadi semakin bebas. Hal ini berdampak pada kualitas kepribadian generasi bangsa yang semakin menurun. Dalam kasus ini, pendidikan memiliki peran penting sebagai tameng generasi bangsa dari bahaya pengaruh buruk pergaulan. Pendidikan tidak hanya kegiatan mentransfer ilmu pengetauhan terhadap siswa, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai moral dan nilai-nilai kemanusiaan. Masalah moral sendiri sudah menjadi persoalan bagi kehidupan manusia kapanpun dan dimanapun. Dalam keluarga dan masyarakat keberadaan pendidikan moral seorang siswa sangat penting. Oleh karena moral penting ditananamkan baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan dan pelaksanaan literasi di MI Ma’arif Bahrul Ulum Kepuhrubuh, 2) Mendeskripsikan hasil dari program literasi baca tulis dalam Pelajaran akidah akhlak dalam membentuk moral siswa di MI Ma’arif Bahrul Ulum Keouhrubuh, 3) Mendeskrispikan faktor pendukung dan penghambat implementasi literasi baca tulis dalam pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk moral siswa di Mi Ma’arif Bahrul Ulum Kepuhrubuh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teori analisis data Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pelaksanaan literasi di MI Ma’arif Bahrul Ulum Kepuhrubuh adalah kegiatan rutin yang dilakukan guna membentuk moral peserta didik. Pelaksanaan kegiatan literasi baca tulis dilakukan dengan bentuk: pembiasaan membaca dan menulis yang di mulai sejak dini, menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman, mengadakan pembelajarn di perpustakaan yang telah di siapkan oleh sekolah. 2) Hasil dari program literasi baca tulis untuk membentuk moral siswa adalah sopan santu kepada guru, selalu mengucapkan salam ketika memasuki sekolah, berjabat tangan dengan guru dan temannya, siswa menjadi jujur, aktif dan berprestasi. 3) Faktor yang mendukung kegiatan literasi adalah sarana prasarana yang memadai, semangat dan kompetensi guru, semangat/ kemauan siswa dalam belajar. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya kemmapuan siswa, lingkungan yang tidak mendukung, berlebihan dalam menggunakan gadget.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | M. Fathurahman |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 01:32 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 01:32 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30281 |
Actions (login required)
View Item |