Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin di MAN 2 Magetan

Indah Wahyuni, Tiara (2024) Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin di MAN 2 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
2012002405_TIARA INDAH WAHYUNI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wahyuni Indah, Tiara 2024. Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil-‘Alamin di MAN 2 Magetan,
Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Arif
Rahman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci: Penerapan, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar
Rahmatan Lil-`Alamin
Saat ini Indonesia telah mengalami perubahan atau pembaruan dalam
kurikulum dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka yang terdiri dari
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang merupakan kegiatan yang berbasis
proyek yang disusun untuk mencapai capain standar kompetensi kelulusan dan
karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila dan nilai-nilai pancasila. Dan
pada sekolah madrasah ditambah menjadi Proyek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil-‘Alamin. Hal ini sebagaimana yang
terjadi di MAN 2 Magetan merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil-‘Alamin.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis
mengenai pengorganisasian proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil
Pelajar Rahmatan Lil-‘Alamin di MAN 2 Magetan, alur pelaksanaan Proyek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil-‘Alamin di
MAN 2 Magetan, evaluasi pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
dan Profil Pelajar Rahmatan Lil-‘Alamin di MAN 2 Magetan, dan dampak Proyek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil-‘Alamin di
MAN 2 Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini melalui observasi,
wawancara, dokumentasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar
Rahmatan Lil-‘Alamin. Partisipan penelitian berasal dari kepala sekolah, waka,
guru, dan peserta didik MAN 2 Magetan. Model analisis data pada penelitian ini
meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan
keabsahan data menggunakan triangulasi.
Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1)Pengorganisasian projek
penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil-'Alamin di
MAN 2 Magetan yaitu Kompenen tim yang diambil dari waka, humas, koordinator,
dan 2 fasilitator yaitu wali kelas dan guru. (2) Alur pelaksanaan Proyek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil-‘Alamin di MAN 2
Magetan terdapat 5 tahapan pelaksanaan akan tetapi di MAN 2 Magetan hanya
terlaksana 4 tahapan saja. (3) Untuk hasil evaluasinya dilakukan setiap bulan oleh
koordinator dan fasilitator untuk mengoordinasikan pelaksanaan proyek di masing�masing kelas, memastikan proyek berjalan sesuai rencana. (4) Dampak perubahan
dampak perubahan bagi peserta didik yaitu peserta didik lebih bertanggung jawab,
kreatif, memiliki sifat bergotong royong

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Panggih Wahyu Nugroho, M.Pd.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2024 01:31
Last Modified: 22 Nov 2024 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30280

Actions (login required)

View Item View Item