Rozana Mulya, Rozana Mulya (2024) ..( TAMBAHKAN WATERMARK DAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, DAN KIRIMKAN ULANG)..Evaluasi Karakter Disiplin Belajar Dalam Membangun Kemandirian Siswa Berprestasi di SMPN 4 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206200143 ROZANA MULYA, MPI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Mulya, Rozana. 2024. Evaluasi Karakter Disiplin Belajar Dalam Membangun Kemandirian Siswa Berprestasi di SMPN 4 Magetan.Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ahmadi, M.Ag
Kata kunci: Evaluasi ,Disiplin belajar, Kemandirian, Siswa Berprestasi
Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Magetan karena ingin mengetahui bagaimana Evaluasi Karakter Disiplin dalam Kemandirian Siswa Berprestasi. Keberhasilan siswa dalam menanamkan karakter tersebut dapat memberikan dampak positif dalam keberhasilan prestasi yang mereka tanamkan, selain itu sekolah memiliki peran penting dalam pembentukan karakter disiplin dan kemandirian seluruh siswa tak hanya siswa berprestasi saja.
Tujuan diadakannya penelitian adalah (1) faktor dan ciri karakter disiplin yang umumnya dimiliki oleh siswa berprestasi di SMPN 4 Magetan (2) Bentuk disiplin yang diterapkan untuk membangun kemandirian siswa berprestasi di SMPN 4 Magetan (3) Hasil karakter disiplin yang terbentuk dalam diri siswa berprestasi di SMPN 4 Magetan
Penelitian ini dirancang menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case studies). Partisipasi penelitian berasal dari guru kesiswaan, guru kurikulum, dan kepala sekolah SMPN 4 Magetan. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan metode IPO(input, product, outcome).
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, evaluasi karakter disiplin belajar dalam membangun kemandirian siswa berprestasi, (1) SMPN 4 Magetan sudah menerapkan program pemerintah P5 untuk membantu kedisiplinan siswa, dengan adanya program tersebut guru dengan mudah mengarahkan siswanya untuk selalu mempunya jiwa disiplin, bertanggung jawab, menghormati, mentaati peraturan. (2) bentuk keberhasilan karakter disiplin belajar yang diterapkan untuk membangun kemandirian siswa sudah diterapkan dan berjalan dengan lancar, seluruh siswa masuk kesekolah di jam 06.30 WIB. Termasuk guru, sebagai contoh anak dalam kedisiplinan belajar. (3) Siswa SMPN 4 Magetan mampu meningkatkan kemampuan belajarnya dan berhasil mencapai hasil yang memuaskan serta dapat membentuk karakter yang bertanggung jawab atas usaha belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmadi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 01:29 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 01:29 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30279 |
Actions (login required)
View Item |