Ilya, Daniar Dwinur Annisaul (2024) Peran Guru PAI Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Melalui P5 Di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200040_Daniar Dwinur Annisaul Ilya_Pendidikan Agama Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan sebuah proyek baru yang ada dalam kurikulum merdeka tujuannya membentuk 6 dimensi pelajar Pancasila yaitu beriman, bertakwa pada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif, dan bernalar kritis. Di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo memiliki beberapa permasalahan yaitu masih terdapat beberapa siswa yang memiliki profil atau karakter kurang baik seperti, bermain handphone ketika guru menjelaskan, masih ada siswa yang datang terlambat, berpakaian tidak rapi, dan menjumpai siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an, kurangnya pemahaman tentang konsep P5 baik guru maupun siswa, keterbatasan waktu, fasilitas, dan dana.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: Pelaksanaan P5 di SMAN 1 Jetis Ponorogo, upaya guru PAI dalam membentuk profil pelajar Pancasila melalui P5, dan problematika dan solusi dalam membentuk profil pelajar Pancasila melalui P5.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitaif dengan jenis studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Untuk analisis data menggunakan Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan kondensasi, display data, dan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian yang didapatkan yaitu: (1) Pelaksanaan P5 di SMAN 1 Jetis, (a) alokasi waktu yang digunakan satu tema selama 88 JP, (b) membentuk tim fasilitasi proyek, (c) temanya gaya hidup berkelanjutan, (d) topiknya kelasku adalah rumahku, (e) menyusun modul proyek, (f) melakukan evaluasi proyek. (2) Upaya guru PAI dalam membentuk profil pelajar Pancasila, (a) sebagai pendidik dan pembimbing dalam memberikan wawasan kepada siswa terkait pendidikan karakter dan P5, (b) sebagai teladan, mengajarkan berbuat baik dan memberikan keteladanan, (c) sebagai fasilitator, (d) sebagai motivator, (e) sebagai evaluator. (3) problematika dan solusi dalam membentuk profil pelajar Pancasila melalui P5, (a) kesiapan ekonomi satuan pendidikan guru malas merubah gaya pembelajaran dan dana SMAN 1 Jetis sangat minim, solusinya memberi motivasi untuk teman sejawat, (b) Mendesain proyek, siswa tidak bisa bekerjasama, beda kemampuan, fasilitator kurang efektif, keterbatasan sumber daya. Solusinya harus literasi, mengeksplor belajar, dan melakukan pelatihan secara berkala bagi guru, (c) evaluasi dan tindak lanjut proyek P5 adanya keterbatasan waktu, dana, dan sumber daya manusia yang digunakan untuk evaluasi. Solusinya memanfaatkan waktu yang longgar dan mengupayakan penyediaan dana atau sumber dana dari orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Kharisul Wathoni |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 02:19 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:19 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30265 |
Actions (login required)
View Item |