Norhazlinda, Eliana (2024) Implementasi Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dan Dampaknya Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI publikasi 201200277_ELIANA_NORHAZLINDA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Norhazlinda, Eliana. 2024. Implementasi Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Dampaknya Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ju'subaidi, M.Ag.
Kata Kunci: Implementasi, Mind Mapping dan Minat belajar.
Di dunia pendidikan, bila siswa memiliki minat pada mata pelajaran tertentu maka siswa tersebut akan lebih cenderung dan tertarik pada pelajaran tersebut sehingga siswa akan lebih fokus dan mudah memahami materi yang akan disampaikan. Oleh sebab itu guru dituntut untuk menjadi lebih profesional agar pembelajaran lebih menarik dan inovatif sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Permasalahan yang terjadi pada masa ini adalah bagaimana cara menyampaikan materi kepada siswa siswa secara baik dan tidak membosankan, sehingga dapat menghasilkan proses belajar mengajar yang menyenangkan. Salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dapat dilaksanakan ialah metode pembelajaran Mind Mapping. Guna mencapai maksud dan tujuan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk menganalisis implementasi metode Mind Mapping dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong (2) untuk menganalisis dampak implementasi Mind Mapping terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah, wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif Miles & Hubermen dan Saldana yang langkah-langkahnya yaitu kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verification). Proses pengecekankeabsahan data yang dipilih oleh peneliti yaitu dengan cara triangulasi.
Berdasarkan dari hasil analisis ditemukan (1) penerapan metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong dalam meningkatkan minat belajar siswa diimplementasikan dengan tahapan perancanaan, tahap pelaksanaan, dan evaluasi. (2) dampak implementasi metode Mind Mapping terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong dapat diliat dari perasaan senang, ketertarikan, penerimaan, dan keterlibatan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ju'subaidi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:48 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:48 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30254 |
Actions (login required)
View Item |