Faza, Fahrurrozi Wildanu (2024) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fiqih di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI 201200288 FAHRURROZI WILDANU FAZA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Faza, Fahrurrozi Wildanu. 2024. Upaya Guru dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fiqih di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A.
Kata Kunci: Guru, Pembelajaran Fiqih dan Pemahaman materi Ibadah.
Pemahaman terhadap materi Fiqih menjadi syarat sempurnanya ibadah bagi seseorang. Oleh karena itu pemahaman akan Fiqih harus ditanamkan sejak dari kecil. Seorang peserta didik dirasa sangat memerlukan suatu pemahaman ibadah dalam dirinya. Pemahaman ibadah sangat penting untuk dilakukan oleh seorang guru Fiqih kepada peserta didiknya. Jika seorang peserta didik ingin mengerti ataupun memahami ibadah, tentunya seorang peserta didik tersebut harus
memahami mengenai pembelajaran Fiqih terlebih dahulu dalam dirinya. Begitupun bagi peserta didik di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong yang pada dasarnya memiliki tingkat pemahaman terhadap materi yang berbeda-beda. Merujuk pada permasalahan tersebut, peneliti pun tertarik untuk melakukan penelitian di MTsMuhammadiyah 3 Yanggong. Mengingat hanya ranah guru Fiqih yang dapat melakukan berbagai upaya peningkatan pemahaman materi ibadah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya guru Fiqih dalam meningkatkan pemahaman materi ibadah melalui metode pembelajaran di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong, (2) untuk memaparkan dan menganalisis apa saja faktor yang mempengaruhi kurangnya pemahaman materi Fiqih siswa di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong, (3) untuk menganalisis dan menjelaskan implikasi peningkatan pemahaman peserta didik oleh guru Fiqih di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah, wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif Miles & Hubermen dan Saldana yang langkah-langkahnya yaitu kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display) dan penarikan
kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verification). Proses pengecekan keabsahan data yang dipilih oleh peneliti yaitu dengan cara triangulasi.
Berdasarkan dari hasil analisis ditemukan (1) Upaya guru Fiqih dalam meningkatkan pemahaman materi ibadah melalui penerapan beberapa metode yang dianggap guru cocok dengan situasi pembelajaran antara lain: metode pembelajaran
ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode kerja kelompok, metode hafalan, metode demonstrasi dan metode praktek. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya pemahaman materi Fiqih siswa di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong antara lain: faktor internal (psikologi, minat belajar dan kebiasan dari murid) faktor eksternal (komunikasi antara guru dengan murid, penyampaian materi atau metode pembelajaran yang digunakan, dan lingkungan keluarga
khususnya kedua orang tua dari peserta didik). (3) Implikasi peningkatan pemahaman peserta didik oleh guru Fiqih di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong yaitu terbagi menjadi tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Moh.Miftachul Choiri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:37 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:37 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30251 |
Actions (login required)
View Item |