Aprilia, Eka (2024) Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTsN 1 Sragen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
EKA APRILIA 201200275 SKRIPSI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Aprilia, Eka 2024. Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 1 Sragen. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dra Aries Fitriani, M.Pd.
Kata Kunci: Dukungan Orang Tua, Dukungan Guru, Prestasi Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran dukungan orang tua dan guru dalam menunjang prestasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTsN 1 Sragen. Di mana dukungan orang tua yang hanya mengandalkan guru sekolah dalam pendidikan anak-anak mereka. Terbatasnya waktu luang orang tua akibat tuntutan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, serta minimnya pengetahuan tentang pelajaran Al-Qur’an Hadits, menjadi tantangan dalam memberikan dukungan akademis yang optimal. Di sisi lain, guru juga menyadari bahwa siswa sering mengalami masalah dalam belajar, seperti tidak mengerjakan PR, kesulitan memahami materi, dan kurangnya motivasi. Selain itu, kondisi lingkungan siswa yang kurang mendukung turut memperburuk situasi ini.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dukungan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 1 Sragen. (2) mengetahui dukungan guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 1 Sragen. (3) mengetahui dukungan orang tua dan guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 1 Sragen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Data dikumpulkan melalui dua teknik utama: dokumentasi dan angket (kuesioner). Dokumentasi untuk mengukur prestasi belajar siswa dengan merujuk pada nilai rapot UTS Ganjil, di mana kriteria ketuntasan minimal ditetapkan pada nilai 75. Sementara itu, angket digunakan untuk mengevaluasi dukungan yang diberikan oleh orang tua dan guru kepada siswa. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 256 siswa. Dari populasi tersebut, sampel diambil sebanyak 72 siswa dengan menggunakan teknik sampling acak (random sampling).
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) Dukungan orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai R² sebesar 28,7%. Bahwa sekitar 28,7% variasi dalam prestasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh dukungan yang diberikan oleh orang tua. (2) Dukungan guru menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai R² sebesar 37,0%. Dengan kata lain, 37,0% variasi dalam prestasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh dukungan yang diberikan oleh guru. (3) Dukungan orang tua dan guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap presasi belajar siswa, dengan nilai R² sebesar 45,9%. Temuan ini menunjukkan bahwa kolaborasi antara orang tua dan guru sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang optimal bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Aries Fitriani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 02:10 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:10 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30246 |
Actions (login required)
View Item |