Internalisasi Kecerdasan Spiritual Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Sufi di MIT Darul Muttaqien Magetan

Adnan, Mi'rojul (2024) Internalisasi Kecerdasan Spiritual Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Sufi di MIT Darul Muttaqien Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Mi'rojul Adnan 203200065.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adnan, Mi’rojul. 2024. Internalisasi Kecerdasan Spiritual Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Sufi di MIT Darul Muttaqien Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mukhlison Effendi M.Ag.
Kata Kunci : Internalisasi, Kecerdasan Spiritual, Tari Sufi
Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali dan mengembangkan hubungan mendalam dengan Tuhan, memahami makna hidup yang lebih dalam, serta menanamkan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari. Tari sufi sebagai salah satu bentuk seni yang memiliki dimensi religius dan spiritual.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) internalisasi kecerdasan spiritual melalui kegiatan ekstrakurikuler tari sufi di MIT Darul Muttaqien Magetan. 2) Faktor yang mempengaruhi kecerdasan spiritual melalui kegiatan ekstrakurikuler tari sufi di MIT Darul Muttaqien Magetan. 3) Hasil dari internalisasi kecerdasan spiritual melalui kegiatan ekstrakurikuler tari sufi di MIT Darul Muttaqien Magetan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu menggunakan model Miles dan Huberman dan Saldana. Analisis data yang digunakan terdiri dari tiga alur, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi kecerdasan spiritual melalui kegiatan ekstrakurikuler tari sufi di MIT Darul Muttaqien berlangsung melalui serangkaian ritual dan aktivitas yang menekankan pentingnya dzikir, kebersihan hati, dan pengendalian diri. Tari sufi tidak hanya mengutamakan gerakan fisik, tetapi juga mencakup dimensi spiritual yang mendalam. Faktor-faktor yang memengaruhi internalisasi kecerdasan spiritual dalam kegiatan ini meliputi aspek internal dan eksternal. Melalui latihan dan pelaksanaan tari sufi, siswa mampu meningkatkan kemampuan refleksi diri, mencapai ketenangan batin, mengendalikan emosi, serta memperkuat kesadaran akan kehadiran Tuhan. Ekstrakurikuler tari sufi memiliki potensi besar sebagai media yang efektif untuk menanamkan kecerdasan spiritual pada siswa, di mana mereka tidak hanya mendapatkan pengalaman melalui seni, tetapi juga mengembangkan kualitas spiritual yang penting bagi kehidupan sehari-hari. Program ekstrakurikuler tari sufi di MIT Darul Muttaqien terbukti efektif dalam mendorong internalisasi kecerdasan spiritual. Kegiatan ini tidak hanya memperkaya aspek estetika dan fisik siswa, tetapi juga memperdalam pemahaman mereka tentang spiritualitas serta memperkuat kesadaran akan hubungan dengan Tuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:50
Last Modified: 19 Nov 2024 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30238

Actions (login required)

View Item View Item