..(TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Membentuk Karakter Siswa SDIT Darul Falah Ponorogo

Ngaini, Qurhotul (2024) ..(TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Membentuk Karakter Siswa SDIT Darul Falah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ETESIS SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ngaini, Qurhotul 2024. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Membentuk Karakter Siswa SDIT Darul Falah Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ayunda Riska Puspita, M.A.

Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Karakter, Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang masih baru di Indonesia. Penerapan kurikulum ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas hasil belajar siswa karena pembelajaran dilaksanakan secara merdeka sesuai dengan kebutuhan siswa di setiap sekolah. SDIT Darul Falah Ponorogo merupakan sekolah Islam terpadu yang selalu berevolusi dan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lainnya dalam melaksnakan program-program sekolah. Terutama P5 di SDIT Darul Falah Ponorogo merupakan salah satu upaya membentuk karakter siswa di sekolah. Pengalaman P5 di SDIT Darul Falah Ponorogo mendapatkan respon positif baik dari siswa maupun wali murid.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, pertama, pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDIT Darul Falah. Kedua, karakter siswa melalui projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDIT Darul Falah Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik Metthew B. Miles, A. Michael Hubberman dan Jhonny Salada, yakni dengan tahap kondensasi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, pelaksanaan Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDIT Darul Falah Ponorogo, dilaksanakan sesuai dengan modul yang telah disusun melalui koordinasi kepala sekolah, waka kurikulum dan guru. Dengan alokasi waktu 1 kali dalam seminggu, dan menggunakan metode project beased learning. Kedua, kegiatan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDIT Darul Falah Ponorogo berperan dalam membentuk karakter beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan karakter berkebihnekaan global pada diri siswa. Sebenarnya dari keenam dimensi yang tersebut saling berkaitan walaupun didalam modul projek hanya disebutkan dua dimensi yang diterapkan di sekolah. Ketiga, faktor pendukung pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDIT Darul Falah Ponorogo tersebut di antaranya, pendanaan yang cukup, sarana dan prasarana yang memadai, serta dukungan dari lingkungan sekolah dan siswa, seperti wali murid, seluruh guru atau tenaga mendidik yang berada disekolah. Faktor penghambat kurangnya alokasi waktu dan media yang mengalami teknis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:31
Last Modified: 18 Nov 2024 03:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30218

Actions (login required)

View Item View Item