Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Pelajaran IPAS Materi Zat dan Perubahnyya Pada Siswa Kelas IV MIN 1 Ponorogo

Ridho, Rizki Aliyatul (2024) Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Pelajaran IPAS Materi Zat dan Perubahnyya Pada Siswa Kelas IV MIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 203200231 RIZKI ALIYATUL RIDHO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ridho, Rizki Aliyatul. 2024. Identifikasi Kemampuan Bepikir Kritis Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Pelajaran IPAS Materi Zat dan Perubahannya Pada Siswa Kelas IV MIN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fkultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: M. Fathurahman, M.Pd.I.

Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Proyek, Berpikir Kritis, Siswa Kelas IV MIN 1 Ponorogo.

Dimensi bernalar kritis merupakan salah satu kompetensi yang terdapat dalam Profil Pelajar Pancasila yang diterapkan melalui kegiatan pembelajaran. Salah satunya dalam pembelajaran berbasis proyek dalam pembeajaran IPAS yang memberikan peluang terhadap peserta didik untuk aktif dalam bernalar kritis dalam tahapan menentukan proyek yang dibuat, dalam kegiatan menentukan proyek peserta didik diharapkan mampu menyelidiki sebuah permasalahan yang diberikan oleh seorang guru utuk dapat menemukan jawaban yang nantinya akan menjadi penentu tugas proyek apa yang akan dibuat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) implementasi profil pelajar pancasila dalam penerapan dimensi berfikir kritis dalam pembelajaran berbasis proyek; (2) tingkat kemampuan bernalar kritis sesudah dan sebelum diterapkannya pembelajaran berbasis proyek; dan (3) faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran berbasisi proyek.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian inimenggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman meliputi kondensasi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa dta ditemukan bahwa (1) Kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas IV MIN 1 Ponorogo dalam pembelajaran berbasis proyek sudah dapat dikatakan mampu menguasi pembelajaran. (2) Tingkat kemampuan siswa-siswi kelas IV MIN 1 Ponorogo dalam berfikir kritis cenderung rendah pada saat sebelum diterapkannya pembelajaran berbasis proyek. Sedangkan tingkat kemampuan siswa setelah diterapkannya model pembelajaran ini terbukti membuat proses belajar lebih hidup dan interaktif. (3) Faktor pendukung dalam proses peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa bagaimana cara guru dalam menyampaikan pembelajaran yang tidak monton dengan menggunakan model pembelajaran yag sesuai. Sedangkan untuk faktor penghambatnya dapat muncul dari guru dan anak-anak sendiri seperti ketidakcocokan model pembelajaran dengan materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2024 01:27
Last Modified: 15 Nov 2024 01:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30214

Actions (login required)

View Item View Item