Internalisasi Nilai Kepedulian Melalui Hafalan Asmaul Husna Di Asrama Miftahul Ulum MAN 2 Magetan

Lufianasari, Indri Erika (2024) Internalisasi Nilai Kepedulian Melalui Hafalan Asmaul Husna Di Asrama Miftahul Ulum MAN 2 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ ERIKA INDRI LUFIANASARI_ 201200284.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lufianasari, Erika Indri. 2024. Internalisasi nilai humanisme melalui hafalan Asmaul Husna di Asrama Miftahul Ulum MAN 2 Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Humanisme, Asmaul Husna.
Penanaman nilai-nilai karakter sangat penting sekali untuk mengatasi berbagai masalah penyimpangan akhlak dan perilaku yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Keadaan ini juga berkaitan dengan penyimpangan perilaku murid yang diantaranya adalah hilangnya rasa hormat kepada guru, kehilangan tanggung jawab, tidak disiplin, tidak percaya diri dan berbagai kerusakan akhlak dan perilaku yang sudah menjadi masalah bersama dan ikut memberi andil terjadinya masalah dilingkungan Masyarakat.seperti halnya di lingkungan sekolah, seorang guru harus bisa memberikan contoh ataupun sikap yang baik yang bisa dijadikan bahan Pendidikan bagi seorang peserta didik. Tidak lain pula kegiatan menghafal asmaul husna juga bisa memberikan karakter peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi, transaksi, transinternalisasi nilai humanisme yang dilakukan dengan menghafal Asmaul Husna di Asrama Miftahul Ulum MAN 2 Magetan.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan perpanjangan waktu.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) Tahap transformasi nilai humanisme dalam fahalan Asmaul Husna di Asrama Miftahul Ulum MAN 2 Magetan sudah baik, peserta didik dapat menerima informasi, nasehat dan motivasi dari guru dengan baik, karena guru tidak hanya menyampaikan secara verbal tetapi juga menyampaikan dengan non verbal. (2) Tahap transaksi nilai humanisme dalam hafalan Asmaul Husna di Asrama Miftahul Ulum MAN 2 Magetan tergolong sudah baik, komunikasi antara guru dengan peserta didik sudah terjalin secara dua arah sehingga guru mengetahui hal-hal apa saja yang menghambat hafalan Asmaul Husna peserta didik. (3) Transinternalisasi nilai humanisme dalam hafalan Asmul Husna di Asrama Miftahul Ulum MAN 2 Magetan tergolong sudah baik. Guru tidak hanya memberikan informasi dan nasehat, tetapi guru juga memberikan tauladan yang baik, sehingga peserta didik dapat mengetahui bahwa guru tersebut juga mengamalkan nilai-nilai humanisme dalam kehidupan sehari-hari, maka peserta didik mengadopsi dan mengamalkan perilaku baik yang terlihat pada diri guru tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afiffah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Nov 2024 02:10
Last Modified: 13 Nov 2024 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30205

Actions (login required)

View Item View Item