Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah dalam Membina dan Mengembangkan Profesionalisme Guru di MA Fatwa Alim Madiun

Khudhori, Rizki Agus (2024) Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah dalam Membina dan Mengembangkan Profesionalisme Guru di MA Fatwa Alim Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Skripsi ETHESES okee.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khudhori, Rizki Agus. 2024. Pelaksanaan Supervisi kepala Madrasah Dalam membina dan Mengembangkan Profesionalisme Guru di MA Fatwa Alim Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ahmad Sulton, M. Pd.I
Kata Kunci : Supervisi, Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru.
Kepala sekolah sebagai supervisor mempunyai tanggung jawab untuk peningkatan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran di sekolah serta mempunyai peranan yang sangat penting terhadap perkembangan dan kemajuan sekolah. Oleh karena itu ia harus melaksanakan supervisi secara baik dan benar sesuai dengan prinsip-prinsip supervisi serta teknik dan pendekatan yang tepat. Dalam hal ini MA Fatwa Alim Madiun melaksanakan program pelaksanaan supervise kepala madrasah dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga diharapkan dapat memenuhi misi pengajaran yang diembannya atau misi pendidikan nasional dala lingkup yang lebih luas.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan supervisi kepala Madrasah dalam membina dan mengembangkan profesionalisme guru di MA Fatwa Alim Madiun; (2) dampak pelaksanaan supervisi kepala Madrasah dalam membina dan mengembangkan profesionalisme guru di MA Fatwa Alim Madiun.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus. Pengambilan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya ini menggunakan langkah-langkah Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah ini dilaksanakan dengan beberapa tahap. Pertama adalah perencanaan supervise yang dilakukan oleh kepala madrasah. Kemudian pelaksanaan supervise meliputi : kunjungan kelas, membimbing guru tentang cara mempelajari pribadi siswa dan atau mengatasi problema yang dialami siswa, membimbing guru dalam hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan kurikulum, mengadakan pertemuat atau rapat, diskusi kelompok, dan mengadakan penataran-penataran, lalu yang terakhir dilaksanakan evaluasi bersama. (2) Dampak positif pelaksanaan supervise kepala madrasah yaitu dengan adanya supervisi kepala madrasah memberikan dampak yang baik bagi para guru serta tenaga pendidik MA Fatwa alim madiun. Selain meningkatkan profesionalisme guru, pelaksanaan supervisi ini juga memberikan dampak dalam meningkatkan kedisiplinan guru dalam menjalankan tugasnya. Dengan demikian program tersebut sangat membantu para guru serta tenaga pendidik dalam meningkatkan kualitas kerjanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Sulton
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Nov 2024 01:35
Last Modified: 12 Nov 2024 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30203

Available Versions of this Item

  • Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah dalam Membina dan Mengembangkan Profesionalisme Guru di MA Fatwa Alim Madiun. (deposited 12 Nov 2024 01:35) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item